Sukses


7 Klub yang Punya Skuad Termahal di Dunia: MU Enggak Ada Lawan, Eh Tetap Seret Gelar

Bola.com, Jakarta - Selama bertahun-tahun, nominal uang yang mengalir di sepak bola sangat fantastis. Sulit dipercaya. 

Klub-klub dari berbagai penjuru dunia rela merogoh kocek dalam-dalam untuk berbelanja pemain bintang. Mereka berharap kedatangan pemain bintang bisa mengubah kondisi atau menimbulkan keajaiban. 

Terkadang, gelontoran uang besar, efeknya juga dahsyat. Anda bisa melihat apa yang dilakukan Declan Rice untuk Arsenal sejak bergabung dengan banderol 105 juta pounds (Rp2 triliun). 

Tengok juga efek kehadiran Jude Bellingham di Real Madrid. Los Blancos membayar 88,5 juta pounds (Rp1,73 triliun) untuk memboyong pria Inggris itu dari Borussia Dortmund. 

Namun, tak ada garansi belanja pemain besar-besaran bakal berujung deretan trofi. Pemain mahal terkadang melempem karena tidak sanggung menanggung ekspekatasi tinggi atau faktor lainnya. 

Ketiadaan jaminan kesuksesan tidak menghalangi klub terus mengeluarkan uang dalam jumlah besar, dengan harapan perekrutan besar-besaran dapat memberikan dampak masif. Gara-gara itu, total biaya skuad melonjak, terutama di Premier League yang aliran pendapatannya begitu besar.

UEFA telah mempublikasikan total biaya skuad termahal dalam sepak bola dalam laporan Lanskap Keuangan dan Investasi Klub Eropa (ECFIL) untuk 2023. Posisi 10 besar didominasi oleh klub-klub Inggris, berikut posisi tujuh teratas. 

--- 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 8 halaman

7. Arsenal (Total Biaya Transfer Skuad: Rp14,9 Triliun)

Mikel Arteta melakoni tugas dengan sangat baik sejak tiba di Arsenal. Ia mengubah The Gunners dari tim yang kesulitan lolos ke Eropa menjadi penantang gelar.

Perubahan itu berbiaya mahal. Ia banyak menjual pemain, sembari membeli amunisi baru berbanderol tinggi. Total biaya transfer Arsenal adalah 761,02 juta pounds (Rp14,9 triliun). 

Beberapa transfer Arsenal yang diperhitungkan UEFA termasuk 50 juta pounds yang dibayarkan untuk mengontrak Ben White dari Brighton, merekrut Oleksandr Zinchenko (Rp32 juta pounds), belum lagi 45 juta pounds yang dihabiskan untuk Gabriel Jesus.

Belum lagi keputusan Arsenal mendatangkan Declan Rice yang nilainya fantastis. 

 

3 dari 8 halaman

6. Liverpool (Total Biaya Transfer Skuad: Rp15,22 Triliun)

Meskipun menempati peringkat keenam di daftar ini, Liverpool masih tertinggal jauh dari tim seperti Manchester United, Manchester City, dan Chelsea. Uang yang dihabiskan The Reds ternyata diinvestasikan lebih baik, dibanding MU dan Chelsea. 

Total biaya transfer skuad Liverpool senilai 773,85 juta pounds atau setara Rp15,22 triliun. 

Dari menghabiskan 75 juta pounds untuk Virgil van Dijk, biaya tertinggi untuk seorang bek pada saat itu, hingga membeli Mohamed Salah seharga 34,3 juta pounds, sangat jarang melihat tim Jurgen Klopp menghabiskan uang dengan buruk. Ya, tidak semua pemain rekrutan Klopp berujung sukses.

Merekrut Alexis Mac Allister dan Dominik Szoboszlai pada musim panas 2023 membuat total biaya transfer The Reds meningkat. Tetapi mengingat apa yang telah ditunjukkan keduanya sejauh ini di Anfield, uang yang dihabiskan tidak yang sia-sia.

4 dari 8 halaman

5. Paris Saint-Germain (Total Biaya Transfer Skuad: Rp15,22 Triliun)

Mengingat Mbappe dan Neymar, dua transfer termahal dalam sejarah sepak bola, ada di skuad untuk musim 2022/23, Anda mungkin berharap melihat Paris Saint-Germain menempati posisi lebih atas dalam daftar. 

Namun, PSG berhasil memboyong Lionel Messi dan Sergio Ramos dengan gratis. Kedua pemain merupakan bagian penting tim musim lalu. 

Penjualan Neymar ke Al-Hilal pada musim panas 2023 menurunkan total biaya tim untuk tahun 2024, dan kepergian Mbappe pada musim ini akan berdampak serupa. P

 

5 dari 8 halaman

4. Real Madrid (Total Biaya Transfer Skuad: Rp17,34 Triliun)

Real Madrid menduduki peringkat teratas negara dengan pembelanja terbesar di luar Inggris. Ini tidak mengejutkan mengingat daya tarik Santiago Bernabeu. Banyak pemain terbaik di dunia ingin tertarik gabung ke Los Blancos. Kylian Mbappe kemungkinan menjadi pemain berikutnya yang melakukan lompatan itu.

Total biaya transfer skuad Real Madrid bernilai 881,59 juta pounds atau setara Rp17,34 triliun. 

Kedatangan Aurelien Tchouameni dari Monaco seharga 85,3 juta pounds menjadi satu-satunya transfer besar yang diselesaikan Madrid pada musim 2022/23, tetapi pengeluaran bersejarah membuat mereka melonjak ke atas di daftar ini.

Pengeluaran besar Madrid seperti perekrutan Vinicius Junior, Thibaut Courtois, hingga Eden Hazard yang masih menjadi bagian skuad musim lalu. Tim raksasa Spanyol itu tak pernah takut menunjukkan kekuatan di bursa transfer.

Pemain seperti Bellingham dan youngster berbakat Arda Guler juga masuk dalam daftar transfer malah. Los Blancos tidak menunjukkan tanda-tanda melambat di bursa transfer.

6 dari 8 halaman

3. Chelsea (Total Biaya Transfer Skuad: Rp18,22 Triliun)

Yang harus diketahui, data Chelsea dalam laporan UEFA berkaitan dengan tahun 2022. Jadi 850 juta pounds yang dikeluarkan oleh Todd Boehly dari Juni 2022 hingga Agustus 2023, yang mendatangkan pemain-pemain seperti Raheem Sterling, Mykhailo Mudryk, Kalidou Koulibaly, dan Marc Cucurella ke Stamford Bridge, tidak diperhitungkan.

Jika angka-angka tersebut diperhitungkan, The Blues akan berada di puncak klasemen. Namun tanpa itu pun, mereka masih berada di peringkat ketiga. Nilai total biaya transfer skuad Chelsea senilai 881,59 juta pounds atau seharga Rp18,22 Triliun

Pengeluaran berlebihan Chelsea berlanjut di jendela musim panas 2023, dengan memboyong Moises Caicedo dan Christopher Nkuknu. Meski begitu, mereka masih berada di peringkat ke-10 Liga Inggris, hampir tidak ada perbaikan dibanding 2022/2023 yang suram. Bukti bahwa uang tanpa strategi yang koheren tidak menjamin kesuksesan.

7 dari 8 halaman

2. Manchester City (Total Biaya Transfer Skuad: Rp21,63 Triliun)

Angka total transfer Manchester City senilai 1,1 miliar pounds atau setara Rp21,63 triliun. Ini benar-benar mencerminkan kekayaan Premier League.

Pep Guardiola membangun tim super selama masa jabatan sebagai manajer Man City, merekrut sejumlah talenta luar biasa dengan harga mahal. Sebut saja Jack Grealish (100 juta pounds), serta Kevin De Bruyne dan Ruben Dias. Namun tidak seperti rival lokalnya, yang investasinya belum diimbangi dengan perolehan trofi yang banyak, City punya keuntungan besar.

Selain mendominasi sepak bola Inggris selama bertahun-tahun, mereka berhasil menyabet treble yang luar biasa musim lalu dengan memenangi Liga Champions pertama, serta Liga Inggris dan Piala FA

 

8 dari 8 halaman

1. Manchester United (Total Biaya Transfer Skuad: Rp23,8 Triliun)

Lonceng alarm berbunyi bagi pemilik baru, Sir Jim Ratcliffe, mengingat Manchester United masih jauh dari rival sekota, Manchester City pada 2022/2023, meski memiliki skuad termahal di Liga Inggris, senilai 1,21 miliar pounds atau setara Rp23,8 triliun. 

Faktanya, laporan UEFA menyebutkan skuad Setan Merah tahun lalu adalah yang "termahal yang pernah dibangun", melampaui rekor sebelumnya sebesar 1,13 miliar pounds yang dibukukan Real Madrid pada 2020.

Yang lebih memprihatinkan lagi, uang yang dikeluarkan pada jendela transfer musim panas 2023 belum diperhitungkan. Pembelian MU sepanjang pada periode tersebut, termasuk 72 juta pounds untuk Rasmus Hojlund, 55 juta pounds untuk Mason Mount, dan 47 juta pounds. untuk Andre Onana, tidak diperhitungkan.

Bayangkan saja, MU merogoh total 100 juta pounds untuk membeli Jadon Sancho dan Antony. Eh, tetap saja MU masih sulit meraih gelar. 

Sumber: UEFA, Give Me Sport 

Video Populer

Foto Populer