Sukses


10 Pemain Pinjaman Terbaik dalam Sejarah Premier League (Bagian 1)

Bola.com, Jakarta - Sejak digulirkan pertama kali pada 1992, entah sudah berapa ribu pemain yang wara-wiri di Liga Inggris.

Tak hanya dijejali bakat-bakt luar biasa dari dalam negeri, kompetisi tertinggi di negeri Raja Charles III juga menjadi ladang penyaluran bakat serta meraup cuan pemain top dari seluruh dunia.

Setiap musimnnya, via jendela transfer, klub-klub berlomba-lomba memburu pemain yang mereka butuhkan dan untuk mendapatkan pemain incaran tak sedikit uang yang harus digelontorkan.

Dari sekian banyak pemain yang direkrut, bebetapa di antaranya berstatus pinjaman dari klub lain.

Status pinjaman terkadang tak mengenakkan bagi si pemain, karena itu menyangkut kepastian kontrak. Bagi klub sendiri, meminjam pemain bertujuan untuk menghemat pengeluaran.

Meski begitu, banyak pemain pinjaman yang mampu membuktikan diri lalu akhirnya mengantongi kontrak permanen.

Sukses tersebut tentunya punya dasar pertimbangan seperti dampak positif bagi tim dan jumlah trofi yang dimenangkan.

Berikut lima di antaranya, seperti dilansir Givemesport:

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

Ivan Campo

Ivan Campo tiba di Bolton dengan status pinjaman awal pada tahun 2002 dari Real Madrid. Itu adalah usaha yang cerdik dari The Trotters, karena sang bek dengan cepat tampil mengesankan selama berada di Lancashire.

Di bawah kepemimpinan Sam Allardyce, Bolton memberikan pukulan yang melebihi beban mereka, dan Campo adalah bagian penting dari tim di jantung pertahanan.

Sang bek bergabung dengan tim yang memiliki talenta seperti Jay-Jay Okocha, Youri Djorkaeff dan Kevin Nolan.

Campo menandatangani kontrak permanen untuk Bolton pada tahun 2003 setelah membuat 31 penampilan untuk klub selama masa pinjamannya.

Selain menjadi kekuatan di pertahanan Bolton, bek Spanyol ini juga menjadi ancaman di sisi lain, mencetak 14 gol untuk Bolton.

Campo adalah bagian dari tim yang tampil di Piala UEFA pada musim 2007/08. Bolton mencapai babak 16 besar kompetisi sebelum disingkirkan Sporting Lisbon dengan agregat 2-1.

 

3 dari 7 halaman

Jesse Lingard

Jesse Lingard adalah pemain yang memiliki banyak potensi saat menjadi pemain di Manchester United. Namun, wajar jika dikatakan sang gelandang gagal memenuhi potensi tersebut.

Banyak yang mengira ketika Lingard bergabung dengan West Ham United pada Januari 2021, hal itu bisa membuat dia membalikkan keadaan dan memulai kariernya.

Penampilannya yang luar biasa untuk The Hammers tampaknya mendukung hal tersebut. Dia tampak senang bisa bermain secara reguler, dan berkontribusi secara konsisten.

Dia membantu West Ham mengamankan posisi ketujuh di Liga Premier, dan lolos ke Liga Konferensi Europa.

Sang gelandang mencetak sembilan gol dan memberikan lima assist selama waktunya yang singkat di Stadion London.

Penampilannya yang menarik membuatnya bersaing untuk masuk tim Inggris di Euro 2020, tetapi kehilangan tempat di tim Gareth Southgate.

Terlepas dari spekulasi perpindahan permanen ke West Ham, ia kembali ke Old Trafford, sebelum pindah ke Nottingham Forest pada Juli 2023.

Setelah periode mengecewakan di City Ground, di mana ia hanya mencetak dua gol dalam 20 penampilan, Lingard kembali pindah. kali ini ke tim Korea Selatan, FC Seoul.

 

4 dari 7 halaman

Daniel Sturridge

Daniel Sturridge bergabung dengan Bolton pada hari batas waktu transfer pada Januari 2011 dan melakukan debutnya untuk klub dua hari kemudian.

Striker tersebut mencetak gol pada penampilan pertamanya untuk Bolton melawan Wolves, keluar dari bangku cadangan untuk mencetak gol kemenangan di masa tambahan waktu.

Itu adalah pertanda masa depan bagi Sturridge, saat ia mulai berkembang di klub sementaranya.

Striker tersebut hanya membuat dua belas penampilan untuk Trotters, tetapi mencetak delapan gol selama periode tersebut.

Golnya tidak cukup untuk membantu Bolton menghindari degradasi, dengan klub tersebut finis satu poin dari zona aman di posisi ke-18.

Striker tersebut kembali ke Chelsea sebelum bergabung dengan Liverpool dan menikmati periode sukses bersama klub, mencetak 68 gol dalam 160 penampilan.

 

5 dari 7 halaman

Loic Remy

Meskipun Newcastle United dikalahkan oleh QPR dalam penandatanganan Loic Remy pada Januari 2013, The Magpies kembali merekrut striker tersebut.

Mereka mengontrak pemain Prancis itu dengan status pinjaman dari QPR pada Agustus 2013, setelah The Hoops terdegradasi.

Itu adalah sebuah karya yang menginspirasi tim asuhan Alan Pardew, ketika Remy mencetak 14 gol dalam 27 penampilan untuk Newcastle selama musim 2013/14.

Penampilan impresif Remy untuk Newcastle membawa mereka finis di posisi paruh atas, dan banyak yang memperkirakan striker tersebut akan tetap berada di St James' Park secara permanen.

Namun, Chelsea membeli striker tersebut pada Agustus 2014, sebelum tampil mengecewakan bersama Crystal Palace dan Getafe. Remy menjadi pekerja harian setelah masa pinjamannya bersama Newcastle, tampil untuk delapan klub sebelum pensiun pada tahun 2023.

 

6 dari 7 halaman

Romelu Lukaku

Pemain Chelsea lainnya yang harus mendapatkan waktu bermain jauh dari Stamford Bridge, Romelu Lukaku mencetak gol pertamanya di Premier League untuk West Brom dalam masa pinjaman yang sangat berharga bagi sang striker.

Pemain internasional Belgia itu mencetak 17 gol dan tujuh assist dalam 38 penampilan untuk klub Midlands selama musim 2012/13.

Penampilan luar biasa Lukaku membantu West Brom finis di peringkat ke-8 Liga Premier musim itu, pencapaian tertinggi mereka di kasta tertinggi Inggris.

Lukaku tidak kembali ke West Brom secara permanen karena stoknya meningkat pesat selama masa pinjamannya bersama klub.

Striker tersebut pindah ke Everton sebelum bergabung dengan Manchester United, Inter Milan, kembali ke Chelsea, dan AS Roma. Selama karir klubnya, Lukaku telah mencatatkan 633 penampilan dan mencetak 304 gol hingga akhir Februari 2024.

Sumber: Givemesport

7 dari 7 halaman

Persaingan di Liga Inggris 2023/2024

Video Populer

Foto Populer