Sukses


Timnas Inggris: Keputusan Gareth Southgate Pilih Kobbie Mainoo Ketimbang Harvey Elliott Bikin Fans Liverpool Marah

Bola.com, Jakarta - Keputusan Gareth Southgate memanggil Kobbie Mainoo ke Timnas Inggris menuai pro dan kontra. Suporter Liverpool misalnya, marah karena Harvey Elliott malah dikesampingkan demi pemanggilan wonderkid Manchester United (MU) itu.

Kobbie Mainoo secara mengejutkan masuk skuad Timnas Inggris untuk menghadapi Brasil dan Belgia pada jeda internasional. Penampilannya bersama MU dinilai cukup untuk mengisi satu slot The Three Lions.

Memang Southgate masih punya waktu sebelum memutuskan nama-nama final untuk membela Timnas Inggris pada Euro 2024, sehingga Mainoo wajib menunjukkan bahwa ia layak dibawa ke Jerman nanti.

Kobbie Mainoo sebelumnya masuk skuad Timnas Inggris U-21 untuk menghadapi Azerbaijan dan Luksemburg, tetapi Southgate memutuskan untuk 'mempromosikannya' ke skuad inti.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Pemanggilan Pertama

Adapun pemanggilan Kobbie Mainoo terbilang berani. Sebab, dua lawan yang dihadapi Timnas Inggris bukan tim sembarangan.

"Penambahan ke skuad #ThreeLions...," bunyi rilis Timnas Inggris.

"Selamat kepada Kobbie Mainoo, yang menerima panggilan internasional senior pertamanya!"

Mainoo juga memenuhi syarat untuk bermain sepak bola internasional untuk Ghana melalui orang tuanya, tetapi sekarang bisa melakukan debut seniornya untuk Inggris ketika mereka menghadapi Brasil di Wembley akhir pekan ini.

 

3 dari 5 halaman

Apa Kata Southgate?

Sebelumnya, Southgate memang sudah memberikan kode bahwa Mainoo bakal dipanggil, cepat atau lambat. Ia berkata bahwa sang gelandang adalah pemain muda cemerlang yang sayang untuk tidak dipanggil.

"Saya pikir dia tampil cemerlang untuk pemain muda dan kami tidak pernah lambat untuk memasukkan pemain muda ke tim senior. Tapi dia hanya punya satu beberapa permainan dan Anda harus sangat berhati-hati dalam membuat keputusan pada waktu yang tepat," kata Southgate.

"Jadi kami pikir idealnya, kami harus memberinya ruang untuk berkembang dengan nalurinya sendiri. Dia tidak berada pada level permainan yang sama yang dilakukan Jude (Bellingham) dan Bukayo (Saka) ketika mereka masuk skuad senior untuk pertama kalinya."

 

4 dari 5 halaman

Fans Liverpool Murka

Keputusan Southgate memasukkan nama Mainoo ketimbang Harvey Elliott pun tak pelak membuat beberapa fans Liverpool murka.

"Mainoo dipilih sedangkan Harvey Elliott tidak, itu lucu," kata salah satu penggemar yang marah di X.

"Saya bersimpati pada Harvey Elliott. Dia pantas dipanggil, dia juga menunggu dengan sabar," sahut penggemar lainnya.

"Kecuali Mainoo menggantikan pemain yang telah menarik diri dari skuad, saya pikir ini membuat Southgate terlihat sangat lemah dan ragu-ragu. Kenapa tidak dari awal saja sekalian!"

5 dari 5 halaman

Persaingan di Liga Inggris 2023/2024

Video Populer

Foto Populer