Sukses


Panggil Kobbie Mainoo ke Skuad Inggris, Gareth Southgate Disebut Cerdas

Bola.com, Jakarta - Legenda Inggris, Gary Lineker, memuji manajer Timnas Ingris, Gareth Southgate, yang memutuskan memanggil youngster Manchester United, Kobbie Mainoo, ke skuad senior untuk kali pertama. 

Kobbie Mainoo menjadi sensasi bagi MU musim ini setelah ditempatkan di lini tengah. Remaja ini mendapat banyak pujian atas sifatnya yang tak kenal takut dan kemampuan  mengumpulkan bola dan menghadapi lawan.

Ketika Southgate mengumumkan skuad Timnas Inggris pekan lalu, beberapa penggemar MU merasa Mainoo tidak beruntung karena tidak dipanggil ke skuad senior. Pemain berusia 18 tahun itu tidak menunjukkan tanda-tanda kekecewaan saat menjadi bintang kemenangan The Reds atas Liverpool di Piala FA, Minggu (17/3/2024). 

Ia tampil menawan pada pertandingan tersebut. Bahkan, manajer Liverpool, Jurgen Klopp, mengakui tampilan apik Mainoo. 

Pada Selasa (21/3/2024), Southgate membuat kejutan dengan mengumumkan Maino dipanggil ke Timnas Inggris untuk pertandingan persahabatan melawan Brasil dan Belgia. Skuad Inggris telah bertambah menjadi 26 pemain dan tidak ada yang absen karena cedera. 

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Dapat Pujian

Keputusan Southgate berjudi memanggil Mainoo yang masih sangat muda, berusia 18 tahun, mendapat pujian dari legenda Inggris, Lineker. 

“Sangat pantas dan keputusan bagus dari Gareth Southgate," ujar Lineker melalui akun X miliknya soal pemanggilan Mainoo. 

Pemain sensasional akademi MU itu tidak akan memecahkan rekor apa pun jika melakukan debut di Timnas Inggris selama jeda internasional.

Theo Walcott tetap menjadi pemain termuda yang pernah mewakili The Three Lions dalam usia 17 tahun, 2 bulan, dan 14 hari. Mainoo bergabung di tim Inggris bersama rekan setimnya di MU, Harry Maguire dan Marcus Rashford.

 

3 dari 4 halaman

Fans Liverpool Marah

Sementara itu, keputusan Gareth Southgate memanggil Kobbie Mainoo ke Timnas Inggris menuai pro dan kontra. Suporter Liverpool misalnya, marah karena Harvey Elliott malah dikesampingkan demi pemanggilan wonderkid Manchester United (MU) itu.

Kobbie Mainoo secara mengejutkan masuk skuad Timnas Inggris untuk menghadapi Brasil dan Belgia pada jeda internasional. Penampilannya bersama MU dinilai cukup untuk mengisi satu slot The Three Lions.

Memang Southgate masih punya waktu sebelum memutuskan nama-nama final untuk membela Timnas Inggris pada Euro 2024, sehingga Mainoo wajib menunjukkan bahwa layak dibawa ke Jerman nanti.

Kobbie Mainoo sebelumnya masuk skuad Timnas Inggris U-21 untuk menghadapi Azerbaijan dan Luksemburg, tetapi Southgate memutuskan untuk 'mempromosikannya' ke skuad inti.

 

4 dari 4 halaman

Harvey Elliott Dianggap Lebih Layak

Keputusan Southgate memasukkan nama Mainoo ketimbang Harvey Elliott pun tak pelak membuat beberapa fans Liverpool murka.

"Mainoo dipilih sedangkan Harvey Elliott tidak, itu lucu," kata salah satu penggemar yang marah di X. 

"Saya bersimpati pada Harvey Elliott. Dia pantas dipanggil, dia juga menunggu dengan sabar," sahut penggemar lainnya.

"Kecuali Mainoo menggantikan pemain yang telah menarik diri dari skuad, saya pikir ini membuat Southgate terlihat sangat lemah dan ragu-ragu. Kenapa tidak dari awal saja sekalian!" 

Sumber: Manchester Evening News, Sportbible

Video Populer

Foto Populer