Sukses


Jelang Man City Vs Arsenal di Liga Inggris: Siapa Terbaik antara Rodri atau Declan Rice?

Bola.com, Jakarta - Perebutan gelar juara Liga Inggris musim 2023/2024 akan berlanjut hari Minggu (31/3/2024), saat Manchester City menjadi tuan rumah menjamu Arsenal di Etihad Stadium. Pertarungan lini tengah berpotensi menentukan tim mana yang akan mendapatkan tiga poin.

Kedua tim bakal sangat menentukan perjalanan kedua tim di akhir musim ini. Sebab baik Arsenal dan Man City sedang terlibat persaingan sengit memburu trofi juara Liga Inggris.

Musim lalu, kedua tim juga saling sikut dalam pacuan. Namun sayangnya Arsenal kehabisan bahan bakar dan membuat Man City melaju kencang hingga akhirnya menjadi juara.

Kedua tim memiliki banyak talenta, tetapi semua mata akan tertuju pada pertarungan lini tengah yang tak terhindarkan antara Rodri milik Man City dan Declan Rice gelandang Arsenal.

Bisa dibilang laga nanti juga akan menentukan siapa yang lebih baik sebagai jenderal lapangan tengah antara kedua pemain. Rodri absen ketika Man City kalah 0-1 pada pertemuan pertama di markas Arsenal.

Saat itu pemain asal Spanyol menepi karena cedera. Praktis duel nanti bisa menjadi ajang pembuktian mana yang lebih berperan vital antara Rodri atau Declan Rice. Yuk simak ulasannya berikut ini.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Pembuktian Kualitas Rodri

Rodri dianggap sebagai patokan oleh banyak orang mengenai sosok nomor enam atau gelandang jangkar terbaik di era sekarang. Bahkan hal itu diakui sendiri oleh Declan Rice bahwa Rodri adalah yang terbaik di dunia.

"Anda melihat pemain nomor 6 terbaik di dunia, Rodri bisa dibilang yang terbaik," ungkap Rice belum lama ini.

Namun, Rice juga punya alasan untuk menjadi bahan perbincangan setelah musim pertama yang luar biasa di Arsenal, dan melihat statistiknya, jelas terlihat mengapa kedua pemain itu penting bagi tim mereka.

Gelandang The Gunners seharga 105 juta pounds itu belum pernah melewatkan satu pun pertandingan liga Inggris musim ini, menjadi starter dalam 28 pertandingan, sementara Rodri telah bermain dan menjadi starter dalam 25 pertandingan tanpa kalah satu pun.

3 dari 6 halaman

Keunggulan Rodri

Tim asuhan Pep Guardiola selalu kalah dalam tiga pertandingan liga Inggris musim ini ketika Rodri absen, dan sang gelandang tidak dapat diturunkan karena cedera atau skorsing. Hal itu membuktikan betapa pentingnya peran dia bagi tim.

Kedua pemain bersinar dengan caranya masing-masing saat mengatur lini tengah, namun dalam hal menyerang mereka tidak dapat dipisahkan, keduanya mencetak enam gol dan memberikan lima assist di Premier League musim ini.

Namun, dalam hal passing, Rodri masih lebih unggul. Pemain berusia 27 tahun ini membukukan 2.428 umpan sukses, dengan 1.516 di antaranya dilakukan di lini pertahanan lawan. Adapaun catatan Rice adalah 1.662 umpan sukses, dengan 954 di area lawan, cukup bagus, namun angka tersebut tidak sebanding dengan milik Rodri.

Ketika gelandang Spanyol ini tidak bisa melewati sebuah tim, ia mencari cara lain, menyelesaikan 28 dribel bagus musim ini, dua kali lipat dari Rice yang mencatatkan 14 dribel.

Rodri juga lebih unggul dalam hal duel dibandingkan gelandang The Gunners, memenangkan 150 duel dibandingkan dengan Rice yang 114 kali, dan juga menjadi yang teratas dalam duel udara dengan memenangkan 44 duel udara, sembilan lebih banyak dari Rice.

Sang 'mercusuar' juga lebih banyak menciptakan peluang besar, lebih banyak tembakan tepat sasaran, dan memiliki ekspektasi gol lebih tinggi dibandingkan maestro Arsenal berusia 25 tahun itu.

4 dari 6 halaman

Peran Vital yang Menentukan

Rupanya angka-angka keunggulan Rodri belum habis. Kemampuan Rodri di masa depan tidak diragukan lagi, dia sepertinya selalu mencetak gol penentu. Seperti para penggemar Arsenal akan mengingat gol kemenangan di menit-menit terakhir yang dia cetak di Emirates pada tahun 2022.

Namun, area pertahanan adalah tempat di mana Rice benar-benar bersinar. Setelah kehilangan gelar musim lalu dari Man City, Arsenal tahu bahwa mereka membutuhkan sosok seperti Rodri di lini tengah jika mereka ingin menantang sekali lagi.

Mereka mengeluarkan banyak uang untuk Rice, dan betapa suksesnya hal itu. Tidak ada keraguan bahwa penampilannya adalah alasan utama The Gunners saat ini duduk di puncak klasemen.

Pemain internasional Inggris ini senang memecah permainan lawan, ia mencatatkan total 35 intersepsi di liga Inggris musim ini, sementara Rodri mencatatkan 15 intersepsi lebih sedikit dengan 20 intersepsi.

5 dari 6 halaman

Declan Rice Tak Kalah Jago

Declan Rice juga punya mentalitas yang dia perlukan melawan tim Man City yang tak kenal lelah di akhir pekan. Buktinya, pemain Arsenal itu melakukan lebih banyak blok daripada Rodri, dengan delapan blok berbanding tujuh yang dilakukan gelandang City itu.

Rice juga lebih unggul dalam hal sapuan dengan 42 kali dibandingkan Rodri dengan 34 kali, sementara ia juga memenangkan lebih banyak tekel, namun hanya satu tekel. Jadi, dengan melihat angka-angka ini, jelas terlihat di mana kedua pemain bersinar.

Keduanya tahu bagaimana cara mencetak gol dan menyukai serangan di lapangan yang menjadi kemampuan Rodri atau membuat serangan lawan terputus yang sering dilakukan Declan Rice.

Layak dinantikan adu kehebatan antara Rodri dan Declan Rice di atas lapangan Etihad Stadium Minggu malam besok.

 

Sumber: Daily Mail

6 dari 6 halaman

Intip Persaingan Man City dan Arsenal Musim Ini

Video Populer

Foto Populer