Sukses


10 Pemain Teratas dengan Gol Terbanyak Melawan Big Six Liga Inggris Bagian 1: dari Robbie Fowler hingga Mohamed Salah

Bola.com, Jakarta - Aston Villa siap mengukir sejarah bersama pelatih anyar mereka, Unai Emery. Sejak ditunjuk pada musim panas 2022 lalu, performa The Villa sepanjang Liga Inggris musim ini terus terjaga dengan sangat baik.

Hingga pekan ke-32 Liga Inggris 2023/2024, Villa masih bercokol di posisi kelima klasemen sementara dengan tabungan 60 poin.

Jika bisa bertahan di posisi itu hingga akhir musim nanti, maka Emery sukses memahat sejarah karena membawa Villa ke pentas Liga Europa 2023/2024. Terakhir, Villa bermain di kompetisi Eropa pada 2010.

Tak menutup kemungkinan, Villa juga mengamankan satu tempat di ajang yang lebih bergengsi, yakni Liga Champions. Soalnya, mereka mengantongi poin yang sama dengan Tottenham Hotspur yang bertengger di posisi keempat.

Sukses Villa ini kembali membuktikan tak ada yang tak mungkin di Liga Inggris. Dengan kata lain, posisi-posisi atas tak melulu didominasi tim-tim besar.

Terbukti, Manchester United serta Chelsea berada di bawah Villa. Setan Merah, mengemas 49 poin, terpaku di posisi keenam. Sedangkan The Blues di posisi kesembilan dengan genggeman 44 poin.

Maklum, persaingan perebutan gelar dan posisi strategis lainnya kerap diisi tim "enam teratas" yakni Manchester City, Manchester United, Liverpool, Chelsea, Arsenal, dan Tottenham Hotspurs.

Menariknya lagi, striker andalan Villa, Ollie Watkins, juga ikut memanaskan persaingan perburuan Sepatu Emas kompetisi tertinggi Inggris musim ini.

Tombak 28 tahun itu sudah mengemas 18 gol atau hanya terpaut sebiji lesakan dari bomber Manchester City, Erling Haaland yang mengoleksi 19 poin.

Namun, meskipun begitu, duel tim-tim besar yang masuk daftar "enam besar" masih menjadi yang terbesar di Liga Inggris sejauh ini. Dengan kata lain, keenamnya masih memiliki magnet yang luar biasa bagi pecinta sepak bola di seluruh dunia.

Laga Manchester United versus Liverpool di Old Trafford pada Minggu (7/4/2024) yang berakhir imbang 2-2 misalnya, tetap menyedot atensi besar kareka keduanya sama-sama punya nama besar serta sejarah yang gemilang di Liga Inggris.

Bahkan, beberapa pemain berhasil mencetak gol secara konsisten melawan klub-klub besar tersebut selama bertahun-tahun.

Sekarang mari kita lihat lima di antara pemain yang mencetak gol terbanyak melawan 'Enam Besar' Liga Inggris, seperti dilansir Khelnow:

2 dari 7 halaman

Robbie Fowler – 33 Gol

Mantan pemain Manchester City Robbie Fowler jelas merupakan legenda Liverpool. Striker Inggris ini telah mengumpulkan 33 gol melawan 'Enam Besar' di Liga Inggris.

Beberapa gol terbaiknya melawan klub-klub ini terjadi pada musim 1994/1995. Robbie Fowler dan Liverpool menghadapi Manchester United dalam pertandingan yang selalu panas karena persaingan antara kedua klub.

Meskipun demikian, Liverpool mengalahkan Manchester United ketika Fowler membongkar pertahanan mereka dengan mencetak dua gol indah.

Robbie mencetak chip setelah membenturkan Gary Neville dan melemparkannya melewati kiper dengan kakinya yang lebih lemah.

Robbie juga mencetak 4 gol melawan Arsenal pada musim yang sama termasuk hattrick. Banyak yang menganggap musim ini sebagai musim terbaiknya karena ia mengumpulkan 25 gol dan 8 assist dalam 38 penampilan di Premier League.

Secara keseluruhan, Robbie Fowler mencetak 10 gol melawan Arsenal dan 8 gol melawan Manchester United dari 6 klub besar.

3 dari 7 halaman

Dion Dublin – 34 Gol

Legenda Aston Villa, Dion Dublin, telah bermain di berbagai klub Liga Inggris selama bertahun-tahun.

Dion telah bermain di Aston Villa, Coventry, Norwich, Leicester City, Manchester United dan beberapa klub Premier League lainnya. Dublin mengumpulkan 312 penampilan Premier League dengan mencetak 110 gol.

Mayoritas gol Dion Dublin tercipta saat melawan Arsenal, Liverpool, dan Manchester City. Prestasi tertingginya terjadi saat melawan Manchester City di mana ia telah mencetak enam gol dalam delapan penampilan.

4 dari 7 halaman

Thierry Henry – 34 Gol

Bisa dibilang striker terbaik yang pernah ada di Liga Inggris, pemain Prancis ini jelas merupakan legenda Premier League. Dulu, Manchester United, Chelsea dan Liverpool adalah kekuatan yang harus diperhitungkan.

Namun, setiap tim besar mempunyai pertandingan buruknya masing-masing dan Thierry Henry telah menyebabkan banyak kekecewaan terutama bagi Manchester United, Liverpool dan Chelsea.

Dari 34 gol yang dicetak melawan 'Enam Besar', Henry telah mencetak 27 gol melawan Manchester United, Liverpool, dan Chelsea. Thierry Henry mencetak 10 gol melawan Chelsea termasuk gol solonya yang luar biasa di Piala FA.

5 dari 7 halaman

Harry Kane – 39 Gol

Seorang legenda Premier League dan tentunya juga legenda Tottenham Hotspurs. Harry Kane adalah pemain Tottenham Hotspurs sejak karier masa kecilnya.

Harry Kane adalah pencetak gol terbanyak kedua sepanjang masa Liga Inggris dengan 213 gol dalam 320 penampilan.

Harry Kane telah mencetak 39 gol melawan tim-tim besar tetapi paling bersinar melawan rival sengitnya Arsenal.

Harry Kane telah mencetak 12 gol melawan Arsenal di Derby London Utara yang terkenal yang juga menjadikannya pencetak gol terbanyak sepanjang masa di Derby London Utara.

Selain Arsenal, Harry Kane telah mencetak 9 gol ke gawang Liverpool dalam 15 penampilan Liga Inggris yang juga merupakan statistik terpuji.

6 dari 7 halaman

Mohamed Salah – 41 Gol

Pemain asal Mesir itu dinilai gagal karena tugasnya di Chelsea. Tampil sangat baik pada musim pertamanya di Liverpool, ia tetap disebut sebagai keajaiban satu musim.

Sudah enam tahun Salah bergabung dengan Liverpool dan kini ia menjadi top scorer sepanjang masa Liverpool. Sangat jelas bahwa pemain sekaliber dia akan masuk dalam daftar ini.

Salah telah mencetak 40 gol melawan tim-tim besar di Liga Inggris. Dia menjadi masalah bagi Manchester United, Manchester City dan Tottenham Hotspurs. Salah telah mencetak gol terbanyak, dengan 13 gol, melawan Manchester United dalam 14 penampilan.

Mohamed juga telah mencetak 11 gol melawan Manchester City, termasuk gol solonya yang luar biasa juga. Terakhir, Salah menjadi kutukan bagi Tottenham Hotspur karena mencetak 12 gol dalam 18 penampilan.

Terkini, Salah mencetak satu gol dalam laga melawan Manchester United yang berakhir imbang 2-2 di Old Trafford, Minggu (7/4).

Sumber: Khelnow

7 dari 7 halaman

Persaingan di Premier League

Video Populer

Foto Populer