Sukses


Eks Pelatih Timnas Inggris: Roy Hodgson Beruntung

Bola.com, London - Sven-Goran Eriksson menilai pelatih tim nasional (timnas) Inggris, Roy Hodgson, beruntung karena tidak mendapatkan tekanan besar seperti yang biasa dialami para arsitek skuat The Three Lions. 

Eriksson memimpin skuat Inggris pada periode 2001 hingga 2006. Pria berusia 67 tahun itu tercatat sebagai pelatih non-Inggris pertama yang pernah membesut Tiga Singa.  Prestasi terbaik Eriksson selama menangani Inggris adalah menginjak babak perempat final Piala Dunia 2002 dan 2006, serta babak delapan besar Piala Eropa 2004.

Setelah Eriksson meletakkan jabatannya pada Oktober 2000, Inggris kesulitan mencapai prestasi cemerlang bersama Steve McClaren dan Fabio Capello. Asosiasi Sepak bola Inggris (FA) kemudian menunjuk Roy Hodgson sebagai arsitek. Namun,  mantan manajer Liverpool itu tak sanggup meloloskan Inggris dari fase grup Piala Dunia 2014 di Brasil.

"Jika itu terjadi semasa saya melatih, FA akan memecat saya dalam sebuah siaran langsung. Ekspektasi sekarang lebih rendah dan itu bagus untuk tim. Selalu ada tekanan berlebihan pada masa saya. Para pemain merasakannya dan itu tak bagus," kata Eriksson.

Pasukan Hodgson melenggang ke Piala Eropa 2016 dengan rekor kemenangan 100 persen. Wayne Rooney dkk menuai 10 kemenangan dari 10 pertandingan dan hanya kebobolan tiga gol saja pada fase grup.

"Inggris kembali ke jalur kemenangan. Mereka memenangkan semua pertandingan pada kualifikasi dan lolos dengan hebat. Mereka punya banyak pemain muda yang bagus. Hal ini bagus bagi Hodgson dan sepak bola Inggris," kata Eriksson. 

"Menurut saya, ada kemungkinan mereka untuk memenangi Piala Eropa. Belanda tidak lolos dan Prancis tak sekuat dulu. Italia, Spanyol, dan tentu Jerman harus diperhatikan. Begitu pula dengan Inggris," demikian Eriksson.

Sebagai bahan persiapan untuk menatap putaran final Piala Eropa 2016, Timnas Inggris  menggelar laga persahabatan melawan Spanyol pada Jumat (13/11/2015), dan Prancis, Selasa (17/11/2015).

Sumber: The Mirror

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer