Sukses


Juarai Piala Dunia Antarklub 2015, Barcelona Ukir Rekor

Bola.com, Yokohama - Barcelona memetik kemenangan 3-0 atas River Plate pada final Piala Dunia Antarklub 2015 di International Stadium Yokohama, Yokohama, Jepang, Minggu (20/12/2015) sore WIB. Tiga gol kemenangan Barca disarangkan Lionel Messi (36') dan Luis Suarez (49' dan 68').

Bagi Blaugrana, ini adalah trofi ketiga dalam ajang Piala Dunia Antarklub. Sebelumnya, mereka sukses merengkuh titel juara pada 2009 dan 2011. Selain itu, Los Cules juga mencatatkan rekor sebagai tim pertama yang meraih tige gelar di Piala Dunia Antarklub. 

Turun dengan skuat terbaiknya termasuk kembali diperkuat Messi dan Neymar, Barcelona tampil menekan sejak bola digulirkan. Akan tetapi, El Barca kesulitan membongkar rapatnya barisan belakang River Plate.

Blaugrana baru memperoleh peluang bagus pada menit ke-11. Sayang, bola hasil tembakan Messi yang memanfaatkan assist dari Andres Iniesta bisa digagalkan kiper.

Sementara itu, River Plate lebih sering mengancam lewat serangan balik. Namun, bola hasil tembakan Rodrigo Mora pada menit ke-27 dan bola hasil sepakan Lucas Alario menit ke-30 dapat digagalkan kiper El Barca, Claudio Bravo.

Masuk menit ke-36, Barcelona berhasil memimpin lebih dulu. Berawal dari umpan lambung Dani Alves di sisi kanan, bola ditanduk Neymar dan dikirimkan kepada Messi. Meski mendapatkan pengawalan ketat dari pemain belakang River Plate, La Pulga berhasil menceploskan bola ke dalam gawang dengan sepakan kaki kiri.

Memasuki menit-menit akhir, Barcelona kian gencar menggempur pertahanan River Plate. Tetapi hingga turun minum, skor 1-0 untuk keunggulan Barca tetap bertahan.

Masuk paruh kedua, Barcelona sama sekali tak mengendurkan serangan. Luis Suarez berhasil mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-49 sekaligus menggandakan keunggulan El Barca.

Lolos dari jebakan offside usai menerima umpan lambung Sergio Busquets, Suarez hanya tinggal berhadapan dengan kiper. Tanpa pengawalan berarti, penyerang timnas Uruguay itu menjaringkan bola ke dalam gawang dengan sepakan kaki kanan.

Pada menit ke-68, Suarez kembali membobol gawang River Plate sekaligus menjadi golnya yang kelima di ajang Piala Dunia Antarklub 2015. Umpan lambung Neymar dikonversikan Suarez menjadi gol dengan sundulan.

River Plate nyaris memperkecil ketertinggalan pada menit ke-77. Sayang, bola hasil sundulan Lucas Alario yang memanfaatkan umpan dari Leonel Vangioni mampu dihentikan Claudio Bravo. Sampai laga berakhir, skor 3-0 untuk kemenangan Barca tetap bertahan.

Menurut catatan situs resmi FIFA, sepanjang pertandingan, Barcelona menciptakan delapan peluang emas dari 16 percobaan, dengan penguasaan bola 63 persen. Adapun River Plate melepaskan enam tembakan akurat dari sembilan usaha.

Susunan Pemain:
River Plate: 1-Marcelo Barovero; 2-Jonatan Maidana, 3-Eder Balanta, 5-Matias Kranevitter, 21-Leonel Vangioni, 25-Gabriel Mercado; 8-Carlos Sanchez, 19-Tabare Viudez (22-Sebastian Driussi 56'), 23-Leonardo Ponzio (27-Lucho Gonzalez 46'); 7-Rodrigo Mora (10-Gonzalo Martinez 46'), 13-Lucas Alario.
Pelatih: Marcelo Gallardo (Argentina)

Barcelona: 13-Claudio Bravo; 3 Gerard Pique, 6-Dani Alves, 14-Javier Mascherano (23-Thomas Vermaelen 81'), 18-Jordi Alba; 4-Ivan Rakitic (20-Sergi Roberto 67'), 5-Sergio Busquets, 8-Andres Iniesta; 9-Luis Suarez, 10-Lionel Messi, 11-Neymar.
Pelatih: Luis Enrique (Spanyol)

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer