Sukses


Mungkinkah MotoGP Dihelat di Finlandia?

Bola.com, Helsinki - Pemerintah Finlandia tengah berusaha untuk memasukan nama Sirkuit Kymi Ring, agar masuk ke dalam salah satu lintasan MotoGP. Langkah itu dilakukan setelah pihak panitia MotoGP ingin menambah trek balap untuk tahun 2017 mendatang.

Sirkuit Kymi Ring yang pembangunannya dimulai sejak tahun lalu itu posisinya berada di wilayah Kouvola, 150 km dari Helsinki. Meskipun baru di bangun, namun sirkuit ini telah mempunyai standar FIM A yang artinya cukup menjanjikan untuk menggelar perlombaan sekelas Formula 1 dan MotoGP.

Tapi pemerintah Finlandia lebih memilih menggelar MotoGP. Sebab negara bekas jajahan Rusia itu tak mampu untuk membiayai balapan F1 karena harganya yang terlalu mahal.

"Balapan F1 bukanlah tujuan yang realistis, karena jumlah uang yang dibutuhkan setiap tahun sangat besar sehingga tidak mungkin kami bisa membayarnya.," kata Kari O. Sohlberg, selaku perwakilan Badan Motorsport Finlandia dikutip dari MotoSport.

"Uang sebanyak itu tak bisa ditemukan di Finlandia saat ini. Sebaliknya MotoGP, Superbike, dan seri balap seperti GP2, GP3 serta DTM sepertinya pas dengan rencana kami," tambah dia.

Bila sebelumnya para pebalap hanya berlaga 18 seri balapan. Dua tahun lagi jumlah itu bakal berubah menjadi 20 seri balapan atau lebih. Sehingga menambah seru aroma persaingan antar pabrikan dan juga rider.

Sudah ada beberapa nama negara yang menawarkan sirkuitnya bergabung, diantaranya adalah Thailand, Cile, dan satu lagi adalah Austria yang sudah dipastikan digunakan untuk musim depan.

Mungkinkah sirkuit ini akan dilalui Valentino Rossi dan pebalap lainnya? Layak untuk ditunggu.

Baca Juga:

Berita Duka untuk Fans Marquez di MotoGP

Terkuak, Pebalap yang Jadi Rival Rossi Musim Ini

Kecelakaan di MotoGP Argentina Bikin Marquez Kapok

Video Populer

Foto Populer