Sukses


Jelang GP Indianapolis: 12 Rekor Sirkuit Indianapolis

Bola.com, Indianapolis - Usai satu bulan menjalani fase jeda, ajang balap MotoGP kembali menggelar GP Amerika Serikat (AS), akhir pekan ini. Selain menjanjikan drama adu kecepatan antara pebalap duo Yamaha, Valentino Rossi-Jorge Lorenzo, dan sang juara bertahan dari tim Honda, Marc Marquez, Sirkuit Indianapolis juga siap menjadi tuan rumah untuk kali kedelapan secara beruntun.

Menuju ke situ, sejumlah rekor telah tercipta di Sirkuit Indianapolis. Salah satunya ialah dua kemenangan beruntun yang ditorehkan Marquez di GP AS 2013 dan 2014. Hebatnya lagi, dua kemenangan Baby Alien itu dibarengi dengan rekor pole position plus fastest lap.

Lantas, apa saja rekor-rekor yang sudah terekam di Sirkuit Indianapolis selama tujuh musim penyelenggaraan?

Berikut catatan lengkapnya, dilansir dari situs resmi MotoGP, Selasa (4/8/2015):

1. GP AS 2015 akan menjadi edisi ke-28 sepanjang sejarah perhelatan balap motor di Negeri Paman Sam. Dua edisi pertama, 1964 dan 1965, digelar di Sirkuit Daytono. Lalu, GP AS pindah rumah ke Sirkuit Laguna Seca selama 15 musim dan Sirkuit Austin selama 3 musim. Baru mulai musim 2008 lalu, GP AS dilangsungkan di Sirkuit Indianapolis.

2. Ironisnya, di hajatan perdana, Sirkuit Indianapolis justru dihantam angin kencang dan hujan deras sebagai efek dari Badai Ike. Akibatnya, GP AS 2008 harus memangkas balapan di kelas MotoGP dan membatalkan sesi balapan kelas 250cc.

3. Dari tujuh balapan yang telah digelar di Sirkuit Indianapolis, Yamaha sukses memenangi dua balapan pertama. Sementara di lima balapan berikutnya, Honda selalu tampil sebagai kampiun.

4. Pebalap non-Honda terakhir yang memenangi GP AS di Sirkuit Indianapolis ialah Jorge Lorenzo dari tim Yamaha. Lorenzo naik podium teratas GP AS pada musim 2009.

5. Selain tim Yamaha dan Honda, tempat di podium juga pernah dipijak pebalap Ducati. Di GP AS 2009, Nicky Hayden berhasil menempati peringkat ketiga. Menjadikannya sebagai satu-satunya pebalap Ducati yang meraih podium.

6. Sementara dari kubu Suzuki, pencapaian terbaik mereka hanyalah finis ke-6. Prestasi itu diraih Ben Spies (2008) dan Alvaro Bautista (2011).

7. Dari perwakilan pebalap tuan rumah, Nicky Hayden dan Ben Spies sukses menjejak podium pada empat edisi pertama GP AS di Sirkuit Indianapolis. Hayden menempati peringkat kedua di 2008, dan peringkat ketiga di 2009. Lalu, Spies mengikuti jejak Hayden dengan finis sebagai runner-up di 2010 dan urutan ketiga di 2011.

8. Selanjutnya, di tiga balapan GP AS terakhir, prestasi maksimal pebalap tuan rumah cuma sampai di posisi ke-9 saja. Di musim 2013, Hayden menempati urutan ini. Sementara di musim 2012 dan 2014, Colin Edwards finis ke-13.

9. Di antara semua pebalap MotoGP yang pernah beraksi di Sirkuit Indianapolis, Lorenzo tercatat sebagai pebalap paling sukses. Dari tujuh edisi balap, Lorenzo naik podium enam kali.

10. Selain paling sering naik podium, Lorenzo juga merupakan satu dari empat pebalap yang selalu ikut balapan MotoGP di Sirkuit Indianapolis sejak 2008 lalu. Selain Lorenzo, Andrea Dovizioso, Valentino Rossi, dan Dani Pedrosa juga tak pernah absen.

11. Sejak GP AS 2011, pebalap yang sukses meraih pole position selalu menyelesaikan balapan dengan status juara.

12. Pole position terakhir yang gagal berujung kemenangan di Sirkuit Indianapolis dicatat Ben Spies pada GP AS 2010. Saat itu, Spies yang start dari posisi terdepan cuma bisa finis kedua.

Baca juga:

Andrea Iannone Enggan Jalani Operasi Bahu

Marquez Tak Terobsesi Kejar Rossi

Honda Buru Kemenangan ke-700 di GP Indianapolis

Video Populer

Foto Populer