Sukses


Ini Syarat Rossi Kunci Gelar Juara Dunia di Sepang

Bola.com, Sepang - Musim MotoGP 2015 hanya tinggal menyisakan dua seri, yakni di Malaysia dan Valencia. Persaingan antara pebalap pun kian panas terutama duel Valentino Rossi versus Jorge Lorenzo. Siapakah yang bakal keluar sebagai juara?

Kedua rider Movistar Yamaha itu kini hanya berselisih 11 angka. Rossi memimpin klasemen dengan torehan 296 poin, sedangkan Lorenzo membukukan 285 angka. Perebutan gelar juara dunia disebut-sebut akan ditentukan lewat seri terakhir di Valencia.

Namun The Doctor sebenarnya punya kans menyegel gelar juara dunia lebih cepat. Lewat kalkulasi sederhana, Rossi bisa langsung mengamankan titel juara dunia ke-10 di Sepang, Malaysia, akhir pekan ini.

Syaratnya, ia wajib finis pertama sementara Lorenzo menyelesaikan race di posisi enam ke belakang. Secara matematis, tambahan 25 angka akan membuat poin Rossi menjadi 321. Sementara X-Fuera cuma mendulang 10 poin sehingga perolehan angkanya menjadi 295.

Artinya, jarak antara kedua pebalap itu bakal menjadi 27 poin. Seandainya Lorenzo mampu memenangi MotoGP Valencia dan Rossi gagal finis pun, gap poin tersebut tak bisa dikejar karena poin maksimal di tiap balapan hanya 25. 

Namun, jika Rossi tak mampu menjadi yang tercepat, masih ada skenario lain yang bisa membuat pebalap Italia itu menjadi kampiun dunia.

Dengan menggunakan perhitungan poin yang sama, Rossi boleh saja finis di tempat kedua asal Lorenzo menempati urutan 11 ke belakang. Skenario lainnya, jika The Doctor berada di urutan ketiga, X-Fuera harus finis di posisi 15 ke belakang. Mampukah The Doctor mengunci gelar di Sepang? 

Perhitungan poin dalam MotoGP:

Finish pos 1 = 25 poin
Finish pos 2 = 20 poin
Finish pos 3 = 16 poin
Finish pos 4 = 13 poin
Finish pos 5 = 11 poin
Finish pos 6 = 10 poin
Finish pos 7 = 9 poin
Finish pos 8 = 8 poin
Finish pos 9 = 7 poin
Finish pos 10 = 6 poin
Finish pos 11 = 5 poin
Finish pos 12 = 4 poin
Finish pos 13 = 3 poin
Finish pos 14 = 2 poin
Finish pos 15 = 1 poin

Baca juga:

Jadi Juara Konstruktor, Rossi Minta Yamaha Perbaiki Kelemahan

Lorenzo: Jika Saya Kalah di Sepang, Rossi Bakal Juara

Juarai MotoGP Australia, Marquez Ukir Kemenangan ke-50

Video Populer

Foto Populer