Sukses


10 Fakta Menarik Jelang MotoGP Malaysia

Bola.com, Sepang - Balapan MotoGP Malaysia memasuki edisi ke-25 pada pekan ini. Seri ini bakal menjadi saksi keseruan persaingan menuju gelar juara dunia antara duo pebalap Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo.

Banyak momen menarik yang terekam selama seperempat abad seri MotoGP Malaysia. Berikut 10 fakta menarik menjelang balapan di Sirkuit Sepang, akhir pekan ini.

1. Grand Prix Malaysia kali pertama digelar pada 1991 dan sejak itu selalu menjadi bagian dari kalender balapan kelas utama. Selama 25 tahun, balapan digelar di tiga venue berbeda, yaitu Shah Alam, Johor, dan Sepang.

2. Grand Prix pertama di Malaysia berlangsung di Sirkuit Shah Alam. Balapan kelas premier pada saat itu dimenangi pebalap Yamaha, John Kocinski. Rider Italia mendominasi kelas di bawahnya, Luca Cadalora (Honda) juara kelas 250 cc, sedangkan kelas 125 cc dimenangi Loris Caporossi (Honda).

3. Sirkuit Shah Alam menjadi tuan rumah balapan GP Malaysia selama tujuh tahun, sebelum dipindah ke Johor hanya untuk satu tahun pada 1998. Balapan MotoGP kali pertama digelar di Sepang pada 1999. Itu artinya musim ini telah memasuki edisi ke-17.

4. Yamaha menjadi pabrikan tersukses di Sepang, khususnya di kelas MotoGP, dengan raihan lima kemenangan. Kemenangan terakhir dibukukan Valentino Rossi pada 2010.

5. Honda mengoleksi empat kemenangan kelas MotoG di Sirkuit Sepang, termasuk dalam tiga tahun terakhir.

6. Ducati mengantongi tiga kali kemenangan di Sepang, yang terakhir kali disumbangkan Casey Stoner. Sejak kemenangan Stoner pada 2009, prestasi terbaik Ducati adalah finis keempat pada 2012 lewat Nicky Hayden.

7. Prestasi terbaik Suzuki di Sepang Sepang di era MotoGP adalah finis kelima pada 2010 melalui Alvaro Bautista.

8. Pebalap tersukses di Sepang adalah Valentino Rossi, dengan enam kali kemenangan (1 kali di kelas 500 cc, lima kali MotoGP). Berikutnya ada dua pebalap yang mencatat dua kemenangan, yaitu Casey Stoner (1 kali 125 cc, 1 kali 250 cc, 2 kali MotoG) dan Dani Pedrosa (1 kali 125 cc, 1 kali 250 cc, 2 kali MotoGP).

9. Satu-satunya pebalap yang memenangi balapan di Sepang dan selalu memimpin di akhir setiap lap adalah Casey Stoner, yang melakukannya pada 2007 dan 2009.

10. GP Malaysia sudah empat kali menjadi venue penentuan juara dunia MotoGP, pada 2003, 2005 dan 2009, ketika Valentino Rossi menjadi juara. Pada 2010 giliran Lorenzo yang jadi kampiun dunia.

Baca Juga: 

Lorenzo Samai Rekor Podium Mick Doohan

Ini Syarat Rossi Kunci Gelar Juara Dunia di Sepang

Lorenzo: Jika Saya Kalah di Sepang, Rossi Bakal Juara

 

Video Populer

Foto Populer