Sukses


Andrea Iannone: Pengkritik Winglet Cuma Iri Terhadap Ducati

Bola.com, Jerez - Suara beberapa pebalap yang meminta winglet aerodinamis dilarang di MotoGP ditanggapi secara sinis oleh pebalap Ducati, Andrea Iannone. Dia menyatakan para rival melontarkan kritik karena iri kepada Ducati.

Konsep winglet aerodinamis pertama kali diperkenalkan oleh Ducati pada akhir 2015. Terobosan baru itu lantas ditiru rival-rival pabrikan asal Italia itu. Setelah sesi latihan bebas MotoGP Jerez, Jumat (22/4/2016), seluruh tim pabrikan tercatat sudah punya winglet pada motor mereka.

Namun, winglet aerodinamis terancam hanya berumur singkat di MotoGP. Belakangan beberapa pebalap mulai menyuarakan pelarangan teknologi tersebut.

Pebalap Repsol Honda, Dani Pedrosa, bersuara paling lantang. Pedrosa meminta winglet aerodinamis dilarang karena dia menganggap teknologi itu berbahaya setelah bersenggolan dengan Andrea Dovizioso (Ducati) di Austin. Sementara itu, Bradley Smith (Yamaha Tech 3) menyebut winglet bisa membuat pebalap celaka karena jika rusak berpotensi menyebabkan masalah pengereman.

Nasib winglet aerodimanis akan ditentukan dalam pertemuan antara pebalap, asosiasi pabrikan (MSMA), Federasi Balap Motor Internasional (FIM), asosiasi tim (IRTA), dan promotor MotoGP Dorna yang digelar pada sela-sela MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Sabtu (24/4/2016).

Di luar kontroversi yang terjadi, Andrea Iannone mengklaim kekhawatiran rival-rival Ducati terhadap winglet tak mendasar. Pebalap asal Italia itu menyebut usaha melarang winglet merupakan akal-akalan tim lain untuk menghambat Ducati. Sejak menggunakan winglet, performa Ducati Desmosedici GP16 meningkat pesat.

"Winglet sama sekali tak berbahaya. Pebalap lain berkomentar negatif karena teknologi tersebut tak memberikan perbedaan buat mereka. Kami telah melakukan pekerjaan hebat, jadi mereka ingin menghambat kami," kata Iannone kepada Motorsport.com.

"Di Argentina, winglet saya patah setelah disenggol Marc Marquez. Dengan sentuhan kecil saja winglet itu copot. Winglet seharusnya memang didesain seperti itu supaya tak berbahaya," ujar Iannone lagi.

Bos Ducati, Gigi Dall'Igna, mengungkapkan keberadaan winglet justru bisa mencegah timbulnya bahaya yang lebih besar. Menurut Dall'Igna, winglet dipasang di motor untuk mengurangi wheelie (ban motor naik ke atas saat pebalap berakselerasi).

"Konsep berbahaya yang dilontarkan beberapa pebalap sangat ambigu. Wheelie itu justru lebih berbahaya ketimbang winglet," kata Bos Ducati, Gigi Dall'Igna, mendukung komentar pebalapnya.

Video Populer

Foto Populer