Sukses


Ducati Bantah Winglet Berbahaya bagi Pebalap MotoGP

Bola.com, Le Mans - Kontroversi penggunaan winglet di MotoGP terus bergulir, salah satunya terkait faktor keselamatan balapan. Sebagai pelopor penggunaan perangkat aerodinamika berbentuk sayap itu, Ducati membantah winglet berbahaya bagi para pebalap MotoGP.

Kritikan soal penggunaan winglet telah disuarakan sejumlah pebalap, termasuk Valentino Rossi, Marc Marquez, hingga Dani Pedrosa. Mereka terang-terangan meminta winglet segera dilarang dari ajang MotoGP. Salah satu alasan yang mereka kemukakan adalah winglet tersebut bisa membahayakan pebalap lain jika terjadi crash.

Namun, CEO Ducati, Gigi Dall’Igna, berkeras membantah klaim para pebalap papan atas tersebut.

“Kami tak bisa menerima adanya insiden yang tak menyebabkan cedera serius yang digunakan untuk mencoba menghentikan pengembangan di area yang sudah dilakukan Ducati sebelum tim-tim lain mengikuti,” kata Gigi Dall’Igna, seperti dilansir AS, Selasa (3/5/2016). 

“Kami telah memenuhi hampir semua regulasi terkini dan winglet memberi kami keuntungan dibanding kompetitor-kompetitor. Kami tak akan berhenti menggunakan winglet,” imbuh dia.

Diskusi panas terkait risiko penggunaan winglet bagi keselamatan pebalap dipicu insiden crash antara Andrea Iannone dan Marc Marquez di MotoGP Argentina. Saat itu, winglet bagian kiri motor Iannone menggores kamera di motor Marquez. Sejumlah pebalap berpendapat winglet tersebut bisa membahayakan jika menggores pebalap saat terjadi crash.

Menurut kabar yang beredar, Komisi Keselamatan MotoGP telah menggelar pertemuan untuk membahas masalah tersebut. Hasilnya, winglet tetap diizinkan dipakai di MotoGP.

“Dalam kasus insiden antara Iannone dan Marquez di Argentina, winglet kiri di motor kami patah dan Marquez tak cedera. Lagipula banyak kompenen lain di motor yang dapat menyebabkan masalah,” kata Dall’Igna.

Ducati sudah memperkenalkan penggunaan winglet sejak tes pascamusim pada 2015. Keputusan Ducati menggunakan perangkat sayap tersebut juga telah diikuti oleh Honda dan Yamaha. Suzuki menjadi tim paling anyar yang memasang winglet di motor mereka.

Video Populer

Foto Populer