Sukses


Vinales Sarankan Pedrosa Pilih Honda Ketimbang Yamaha

Bola.com, Le Mans - Persaingan perebutan satu kursi di Yamaha pada MotoGP 2017 semakin memanas. Salah satu kandidat, Maverick Vinales, mulai melontarkan perang urat syaraf kepada calon lainnya, Dani Pedrosa.

Satu slot di Yamaha kosong pada musim depan setelah Jorge Lorenzo memutuskan hengkang ke Ducati. Beberapa nama pebalap pun belakangan dikaitkan dengan Tim Garpu Tala. Apalagi mayoritas pebalap tim pabrikan besar kontraknya bakal habis pada akhir 2016.

Pebalap Suzuki, Maverick Vinales, menjadi favorit sebagai suksesor Lorenzo di Yamaha. Kabarnya, rising star asal Spanyol itu sudah membuka negosiasi dengan Yamaha.

"Saya harus membuat keputusan secepatnya karena ingin melupakan segala rumor dan fokus pada balapan," kata Vinales.

Namun, belakangan Yamaha dikabarkan mengontak tim Repsol Honda untuk mengonfirmasi ketertarikan kepada Dani Pedrosa. Pebalap Spanyol itu dianggap cocok menjadi pengganti Lorenzo karena punya kemampuan yang mumpuni dan tak memiliki masalah dengan Rossi.

Vinales sepertinya gerah dengan kabar yang mengaitkan Yamaha dengan Pedrosa. Di sela-sela latihan bebas MotoGP Prancis, Jumat (6/5/2016), Vinales mengeluarkan komentar yang seolah meminta Pedrosa tak menghalangi jalannya ke Yamaha.

"Dani (Pedrosa) menghabiskan sepanjang hidupnya bersama Honda. Jadi, dia harus mengakhiri karier di sana," ujar Vinales seperti dilansir Tuttomotoriweb.

Khawatir perkataannya disalahartikan, Vinales langsung memberikan klarifikasi lewat media sosial twitter. Dia mengungkapkan apa yang dikatakannya tak punya maksud apapun selain demi kebaikan Pedrosa.

"Saya meminta maaf terkait pernyataan seputar masa depan Dani Pedrosa. Tujuan saya hanya satu. Akan sangat baik bagi Dani untuk menutup karier di tim yang sama seperti saat dia memulainya," tutur Vinales.

Faktanya, Pedrosa memulai karier di kejuaraan dunia balap motor grand prix pada 2001 di kelas 125cc bersama Honda. Dia terus bertahan di pabrikan asal Jepang itu saat pindah ke kelas 250cc pada 2004 dan MotoGP dua tahun kemudian. Pedrosa belum pernah menjadi juara dunia MotoGP bersama Honda.

Saga pengganti Lorenzo di Yamaha diperkirakan masih akan terus berlanjut hingga beberapa pekan ke depan. Situs Tuttomotoriweb menyebut Yamaha baru akan mengumumkan pebalap baru untuk musim depan sebelum GP Italia di Mugello pada 22 Mei. Siapakah yang dipilih Yamaha? Maverick Vinales, Dani Pedrosa, atau malah pebalap lain?

Video Populer

Foto Populer