Sukses


Galau Pilih Yamaha atau Suzuki, Vinales Dapat Wejangan dari Rossi

Bola.com, Le Mans - Valentino Rossi ikut mengomentari rumor terkait masa depan Maverick Vinales. The Doctor menyarankan Vinales menentukan skala prioritas dalam mengambil keputusan apakah bertahan di Suzuki atau pindah ke Yamaha.

Vinales disebut-sebut menjadi buruan utama Yamaha sebagai pengganti Jorge Lorenzo yang pindah ke Ducati pada 2017. Tim Garpu Tala dikabarkan sudah melakukan negosiasi dengan pebalap asal Spanyol itu. Namun, pembicaraan antara Vinales dan Yamaha dilaporkan mentok terkait faktor finansial.

Rossi enggan terlibat lebih jauh dalam proses negosiasi. Dia hanya memberikan masukan kepada Vinales supaya bijak dalam menentukan pilihan karier. Kontrak Vinales di Suzuki habis pada akhir 2016.

Rossi mencoba memberikan gambaran. Kalau tetap di Suzuki, Vinales bisa menjadi legenda seperti Kevin Schwantz, juara dunia kelas 500cc pada 1993. Kualitas motor Suzuki saat ini masih di bawah Yamaha, Honda, dan bahkan mungkin Ducati. Karena itu, jika Vinales mampu jadi juara dunia, maka keberhasilannya bakal selalu diingat karena bagaikan dongeng.

"Saya melakukan negosiasi tanpa mengetahui apapun, baik isi maupun nilai kontrak. Itu kalau saya. Di Suzuki, dia (Vinales) bisa meraih sesuatu yang romantis. Dia bisa menjadi seperti Kevin Schwantz jika bertahan di Suzuki," kata Rossi seperti dilansir Crash.

Di sisi lain, Rossi juga menjelaskan situasi apabila Vinales pindah ke Yamaha. Dengan motor terbaik, maka Vinales akan selalu dituntut untuk jadi juara dunia pada setiap musim atau minimal menang di setiap balapan.

"Motor Suzuki menyimpan potensi besar, tapi lebih sulit. Yamaha lebih kuat dan tentu saja memiliki motor yang hebat. Jadi, tantangannya akan berbeda. Kini semua tergantung apa motivasi Maverick Vinales ke depan," ujar Valentino Rossi.

Video Populer

Foto Populer