Sukses


MotoGP San Marino: Rossi Senang Start di Belakang Lorenzo

Bola.com, Misano - Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, gagal merebut pole position pada balapan kandangnya, MotoGP San Marino. Meski demikian, The Doctor tak merasa kecewa karena tetap start dari baris terdepan.

Rossi menempati posisi kedua pada sesi kualifikasi di Sirkuit Misano, Sabtu (10/9/2016). Catatan waktu rider asal Italia itu kalah 0,348 detik dari rekan setimnya, Jorge Lorenzo, yang menjadi pebalap tercepat.

Menurut Rossi, bisa merebut grid kedua merupakan hasil yang bagus. Apalagi dia mengaku sempat kesulitan pada awal sesi kualifikasi akibat bermasalah dengan ban belakang.

Pada run pertamanya dengan ban baru, Rossi cuma menempati peringkat ketujuh tercepat. Setelah mengganti ban untuk run kedua, dia baru mendapatkan grip maksimum sehingga mampu mencatatkan waktu yang lebih baik.

"Setelah mencoba ban pertama, saya sedikit khawatir. Saya agak lamban karena ban sering spin. Sepanjang akhir pekan ini, kami memang mendapati performa ban belakang yang berbeda-beda," kata Rossi seperti dikutip dari Motorsport.

"Jadi, saya berharap performa ban kedua bisa lebih baik dan itulah yang terjadi. Saat memakai ban kedua, saya lebih kuat dan lebih cepat. 1 menit 32,1 detik adalah catatan waktu yang bagus dan grid kedua merupakan posisi yang baik untuk memulai lomba," ujar Rossi.

Rossi menambahkan start dari baris terdepan sangat penting, terutama di Misano yang treknya sempit sehingga menyulitkan pebalap untuk menyalip rider lain. Usai mendapatkan posisi start yang memuaskan, Rossi kini fokus menentukan strategi ban terbaik untuk lomba.

"Kami sudah punya beberapa ide kombinasi kompon ban untuk lomba. Hard jadi opsi untuk ban belakang karena kami mendapat lap yang bagus dengan kompon tersebut pada akhir sesi latihan bebas keempat. Namun, untuk ban depan semua kemungkinan masih terbuka, tergantung kondisi dan temperatur trek saat lomba," kata Rossi seperti dilansir situs resmi MotoGP.

"Jadi, start dari baris terdepan tentu hal yang bagus. Namun, kini kami harus berkonsentrasi dan memperbaiki beberapa hal kecil sebelum menunggu dan melihat kondisi sebelum lomba guna menentukan ban apa yang paling pas untuk digunakan. Misano sangat menuntut performa terbaik dari ban karena treknya punya banyak tikungan lamban," ujar Valentino Rossi.

Video Populer

Foto Populer