Sukses


4 Alasan Marc Marquez Ngebet Incar Juara MotoGP Jepang

Bola.com, Motegi - Duel segitiga antara pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, dan duo Movistar Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, dalam perebutan gelar MotoGP 2016 akan berlanjut di sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang, 16 Oktober.

Marquez berada di atas angin jelang balapan di Negeri Sakura yang menandai seri pertama dari flyaway races (tiga balapan beruntun luar Eropa di Asia dan Australia). Kemenangan pada seri sebelumnya di Aragon semakin memantapkan posisi Si Bayi Alien di puncak klasemen sementara dengan empat seri tersisa.

Marquez jelas ingin kembali naik podium utama di Jepang yang merupakan balapan kandang Honda. Selain memberikan hadiah istimewa buat Honda, pebalap asal Spanyol itu juga membidik target lain. Berikut ini adalah empat hal yang bisa diraih Marquez jika juara di Motegi?

1. Juara Dunia

Kesempatan pertama Marquez untuk menyegel gelar MotoGP 2016 hadir di Motegi, tergantung hasil yang diraih Rossi dan Lorenzo.

Marquez saat ini unggul 52 poin atas Rossi dan 66 angka di depan Lorenzo. Artinya, jika Marquez juara sementara Rossi finis di posisi ke-16 atau lebih buruk dan Lorenzo gagal naik podium, maka perolehan poin Marquez tak bisa dikejar lagi oleh dua rivalnya itu di tiga seri tersisa.

Namun, pada musim ini Marquez menjadi sosok yang berbeda. Dia tak lagi ngotot mengejar kemenangan di setiap balapan dan memilih bermain aman demi menjaga jarak dengan rival.

Dengan selisih poin yang besar, menarik ditunggu apakah Marc Marquez akan tampil all-out atau kembali bersabar demi hadiah yang lebih besar.

2 dari 4 halaman

2. Pecah Telur

2. Pecah Telur

Sejak debut di kelas MotoGP pada 2013, Marquez sudah pernah mencicipi kemenangan di 18 sirkuit berbeda, yakni Losail, Austin, Termas de Rio Hondo, Jerez, Le Mans, Mugello, Catalunya, Assen, Sachsenring, Indianapolis, Laguna Seca, Brno, Misano, Silverstone, Aragon, Phillip Island, Sepang, dan Valencia.

Hanya dua sirkuit yang belum pernah ditaklukkan Marquez. Pertama adalah Red Bull Ring di Austria. Namun, sirkuit tersebut baru masuk kalender MotoGP pada tahun ini.

Sirkuit lainnya adalah Motegi. Marquez memang pernah menang saat masih di kelas 125cc pada 2010 dan Moto2 pada 2012. Namun, dia belum pernah melakukannya dari tiga kesempatan di kelas MotoGP.

Pada 2013 saat masih berstatus sebagai debutan, Marquez harus puas menjadi runner-up. Dia kalah dari Lorenzo dengan selisih hanya tiga detik.

Marquez lagi-lagi hanya finis kedua di belakang Lorenzo pada musim keduanya setahun berselang. Tahun lalu Marquez meraih hasil yang lebih buruk. Dia gagal naik podium karena hanya mengakhiri balapan di posisi keempat.

Apakah penantian Marquez berakhir pada kesempatan keempat?

3 dari 4 halaman

3. Clean Sheet

3. Clean Sheet

Marquez bisa mengungguli Rossi dan Lorenzo berkat penampilan yang konsisten. Dia menjadi satu-satunya pebalap yang selalu meraih poin pada setiap balapan musim ini.

Sejak debut di kejuaraan dunia balap motor grand prix pada 2008, Marquez belum pernah menorehkan clean sheet (selalu finis dan meraih poin di setiap balapan) dalam semusim. Marquez hampir melakukannya pada 2014. Namun, dia gagal finis di Australia.

Jika menang di Motegi, atau minimal finis di posisi ke-15, Marquez menjaga asa untuk mencatatkan clean sheet pertamanya sepanjang karier.

4 dari 4 halaman

4. Lewati Doohan

4. Lewati Doohan

Podium teratas di Aragon menandai kemenangan ke-28 Marquez di MotoGP dan ke-54 sepanjang karier di kejuaraan dunia balap motor grand prix.

Marquez menyamai pencapaian legenda MotoGP dan Honda, Mick Doohan, untuk berada di posisi keenam dalam daftar pebalap dengan kemenangan terbanyak.

Jika menang di Motegi, maka Marquez akan melewati torehan Doohan. Dengan usia yang baru 23 tahun, Marquez masih bisa mendulang lebih banyak kemenangan lagi.

Marquez kini memburu Lorenzo yang sudah mencatat 64 kemenangan. Sementara pebalap dengan kemenangan terbanyak di kejuaraan dunia balap motor grand prix adalah legenda Italia, Giacomo Agostini, yang mengoleksi 122 kemenangan sepanjang karier.

Pebalap aktif lain yang ada di atas Marc Marquez adalah Valentino Rossi dengan 114 kemenangan.

Video Populer

Foto Populer