Sukses


6 Fakta Menarik MotoGP Valencia

Bola.com, Valencia - Perjalanan MotoGP 2016 akan ditutup dengan bergulirnya seri Valencia yang bakal berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (13/11/2016). Gelar juara dunia MotoGP memang sudah pasti miliki rider Repsol Honda, Marc Marquez, tapi bukan berarti MotoGP Valencia akan menyajikan pertunjukan yang membosankan.

Persaingan antara Jorge Lorenzo dan Maverick Vinales untuk memperebutkan posisi ketiga di klasemen MotoGP 2016 akan menjadi fokus utama pada balapan MotoGP Valencia. Kedua pebalap tersebut saat ini hanya berselisih 17 poin, dengan Lorenzo berada satu tingkat di atas Vinales.

Meski Marquez sudah pasti akan menjadi juara dunia MotoGP, bukan berarti The Baby Alien bakal mengendur pada MotoGP Valencia. Marquez tentunya ingin menyelesaikan musim dengan hasil sempurna setelah gagal meraih podium pada MotoGP Australia dan Malaysia.

Selain bakal menyajikan persaingan antar pebalap, MotoGP Valencia juga akan menjadi ajang perpisahan untuk beberapa rider ternama. Sebut saja Lorenzo yang akan mengakhiri perjalanannya dengan Yamaha serta Andrea Iannone yang juga akan hengkang dari Ducati.

Banyak fakta-fakta menarik yang tersimpan di dalam Sirkuit Ricardo Tormo. Setidaknya ada enam fakta mengenai MotoGP Valencia yang berhasil dihimpun Bola.com:

1

Ricardo Tormo

Nama Sirkuit yang dipergunakan untuk MotoGP Valencia diambil dari sosok pebalap Spanyol yang pernah menjadi juara dunia 50cc untuk Bultaco pada 1978 dan 1981.

Total dia mengoleksi 15 kemenangan di kelas 50cc dan empat gelar seri pada kelas 125cc. Karier Tormo di dunia balap tak berlangsung lama setelah dirinya memutuskan pensiun pada 1984 karena mengalami cedera kaki. Nama Tormo diabadikan sebagai sirkuit setelah pada 1998 dia meninggal dunia akibat penyakit leukimia.

Dani Pedrosa sang Raja MotoGP Valencia

Dani Pedrosa yang absen pada tiga seri MotoGP terakhir karena cedera bakal kembali membalap di Valencia. Hal ini tentunya menjadi kabar baik bagi para penggemarnya karena rider Repsol Honda tersebut merupakan raja di Sirkuit Ricardo Tormo.

Total Pedrosa telah enam kali menjadi juara pada GP Valencia. Tiga gelar dia raih saat berada di kelas MotoGP sedang dua lainnya ketika masih berada di kelas 125cc, dan sekali di kelas 125cc.

Seperti diketahui, Pedrosa mengalami kecelakaan hebat pada sesi latihan bebas kedua (FP2) MotoGP Jepang di Twin Ring Motegi, 14 Oktober 2016. Akibat insiden itu, Pedrosa mengalami patah tulang di tiga bagian, yaitu tulang selangka kanan, tulang fibula kaki kanan, dan tulang metatarsal keempat kaki kiri. Dia kemudian absen pada MotoGP Jepang, Australia, dan Malaysia. 

2

Andrea Dovizioso

Andrea Dovizioso kembali naik podium pertama setelah menunggu selama sembilan tahun pada dua pekan lalu. Pebalap asal Italia itu akhirnya finis tercepat pada MotoGP Malaysia 30 Oktober 2016 setelah kali terakhir mencicipi podium pertama pada 2009 di Donington Park, Inggris.

Kepercayaan diri tinggi dalam diri Dovizioso tentu akan menjadi suntikan moral bagus untuknya ketika menjalani balapan MotoGP Valencia. Pasalnya, Dovizioso merupakan satu-satunya rider Ducati yang sukses meraih hasil maksimal pada 2014 dengan finis di urutan keempat.

Teritorial Honda

Honda menjadi tim tersukses pada MotoGP Valencia. Sejak 2002 Honda sudah meraih delapan kemenangan di Spanyol dan menjadikan pabrikan asal Jepang tersebut sebagai raja di Sirkuit Ricardo Tormo.

Yamaha di posisi kedua dengan catatan empat kali kemenangan, sedang Ducati baru dua kali meraih kemenangan pada MotoGP Valencia. Patut dinantikan dari ketiga tim tersebut, tim mana yang akan menambah jumlah kemenangan di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (13/11/2016).

3

Surga Pebalap Spanyol

MotoGP Valencia menjadi surganya pebalap Spanyol untuk meraih kemenangan. Setidaknya sudah delapan kali pebalap-pebalap asal Negeri Matador menjadi raja di tanahnya sendiri.

Sete Gibernau memenangi lomba kelas 500cc bersama Suzuki pada 2001, Dani Pedrosa menang dengan Honda pada 2007, 2008, dan 2012. Jorge Lorenzo naik podium teratas bersama Yamaha pada 2010, 2013, dan 2015. Lalu terakhir Marc Marquez mengantar Honda juara di sana pada 2014.

15 Tahun Jadi Seri Pamungkas MotoGP

Sejak pertama kali menggelar seri MotoGP pada 1999, ini menjadi kali ke-15 secara beruntuk Sirkuit Ricardo Tormo menjadi saksi berakhirnya musim MotoGP. Tentunya sudah banyak momen-momen yang terekam dalam aspal Sirkuit Ricardo Tormo selama 15 tahun menjadi seri pamungkas MotoGP.

Catatan tersebut sekaligus menjadikan Sirkuit Ricardo Tormo sebagai venue terbanyak yang pernah menyelenggarakan seri pamungkas MotoGP.                                                                                                                                                                                                      

Video Populer

Foto Populer