Sukses


Alex Briggs, Tukang Bengkel Bus yang Jadi Mekanik Valentino Rossi

Bola.com, Peterborough - Di balik kesuksesan seorang pebalap MotoGP, selalu ada peran besar mekanik yang bekerja keras di belakang layar. Hal yang sama juga berlaku buat rider sekaliber Valentino Rossi.

Rossi dikenal memiliki tim mekanik yang andal dan setia. Salah satu mekanik hebat dan setia yang dimiliki sembilan kali juara dunia balap motor grand prix itu adalah Alex Briggs.

Pria asal Australia itu telah bekerja untuk Rossi sejak 2000. Sejak saat itu, Briggs selalu ikut ke mana pun The Doctor berlabuh, dari Honda, ke Yamaha, ke Ducati, hingga kembali ke Yamaha lagi sampai sekarang.

Siapa sebenarnya Briggs hingga akhirnya bisa menjadi mekanik kepercayaan Rossi? Pria kelahiran Canberra, Australia pada 1969 itu pun menceritakan perjalanan kariernya secara singkat dalam sebuah wawancara dengan MCN yang dirilis Senin (28/11/2016).

"Saya awalnya adalah seorang pebalap motokros dan bekerja sebagai mekanik di perusahaan bus untuk menyokong karier saya sebagai pebalap. Selama ikut kejuaraan balap, saya berteman dengan pebalap hebat dan diminta untuk menyetel motor mereka. Saat pebalap itu sukses, nama saya mulai dikenal dan banyak orang yang bertanya soal saya," kata Alex.

Karier Alex sebagai pebalap motokros tak cemerlang. Bahkan, pada 1991 dia mengalami patah tulang ekor karena mengalami crash saat balapan motokros.

"Suatu hari, saat sedang beristirahat di rumah telepon saya berdering. Telepon itu ternyata dari manajer tim motokros Yamaha Australia. Dia meminta saya bekerja untuk mereka sebagai mekanik," ujar Alex.

Alex Briggs, mekanik setia Valentino Rossi asal Australia. (MCN)

Alex berada di persimpangan jalan. Menerima tawaran itu artinya dia harus meninggalkan kampung halaman dan pekerjaan tetap serta membuang mimpi jadi bintang motokros. Kalau menolak, dia membuang kesempatan besar untuk jadi mekanik hebat.

"Akhirnya saya menerima tawaran itu meski harus menerima gaji yang lebih rendah ketimbang di tempat kerja saya sebelumnya. Pengorbanan saya tak sia-sia. Setelah kejuaraan motokros musim 1993 berakhir, saya mendapat telepon dari Jeremy Burgess untuk bekerja sebagai mekanik balapan road race," kata Alex.

Mulai detik itu, hidup Alex berubah. Gagal memenuhi mimpi jadi juara dunia motokros, dia malah sukses membantu dua rider hebat jadi juara dunia, yaitu Mick Doohan dan Rossi.

"Mayoritas mekanik di MotoGP punya cerita yang sama dengan saya. Mereka tak punya kualifikasi resmi sebagai mekanik. Awalnya mereka hanya bekerja di bengkel motor lokal dan rela dibayar murah demi bertemu dengan banyak orang. Kalau kualitas Anda bagus, Anda akan cepat dikenal. Kekuataan kata-kata sangat penting di bisnis ini," kata Alex.

Alex Briggs akan menjalani musim ke-25 sebagai mekanik Yamaha pada MotoGP 2017. Saat dua rekannya Jeremy Burgess dan Gary Coleman sudah menghilang dari peredaran, Alex masih setia di sisi Valentino Rossi demi membantu The Doctor merebut titel ke-10.

Video Populer

Foto Populer