Sukses


Eks Rival Valentino Rossi Jadi Penasihat Dani Pedrosa

Bola.com, Sepang - Situs Motorsport pada Minggu (29/1/2017) melaporkan eks rival Valentino Rossi, Sete Gibernau, akan menjadi penasihat pebalap Repsol Honda, Dani Pedrosa, pada MotoGP 2017.

Rumor Gibernau bakal bergabung dengan tim Pedrosa sudah merebak sejak awal 2016. Pria asal Spanyol itu hadir pada tes pramusim di Sepang, Malaysia, untuk mendampingi Pedrosa yang merupakan sahabat lamanya. Namun, kala itu Gibernau membantah isu tersebut.

Ternyata, Gibernau kembali muncul jelang tes pramusim resmi MotoGP 2017 di Sepang yang dimulai pada Senin (30/1/2017). Tak seperti tahun lalu, kali ini pria berusia 44 tahun itu mengakui akan berperan sebagai pelatih (riding coach) Pedrosa pada 2017.

Berkeja sama dengan eks pebalap kejuaraan dunia balap motor grand prix seolah sedang menjadi tren di kalangan rider MotoGP dalam beberapa tahun terakhir.

Sebelum Pedrosa, ada Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi. Lorenzo berpartner dengan Wilco Zeelenberg, sedangkan Rossi mendapat masukan dari Luca Cadalora.

Gibernau merupakan pebalap yang punya nama besar pada awal era MotoGP. Dia melakoni debut di kelas tertinggi (500cc) pada 1997 dan pernah memperkuat tim pabrikan Suzuki dan Ducati serta tim satelit Honda Gresini.

Sempat mengumumkan pensiun selepas musim 2006, Gibernau melakukan comeback pada 2009 bersama tim satelit Onde 2000 Ducati. Namun, dia hanya balapan setengah musim karena timnya mengalami krisis keuangan.

Selama 11 musim berkiprah di kelas primer (500cc/MotoGP), Sete Gibernau total meraih sembilan kemenangan seri. Prestasi terbaiknya adalah dua kali menjadi runner-up pada musim 2003 dan 2004 di bawah Valentino Rossi. Duel sengit antara Gibernau dan Rossi pada GP Spanyol 2005 di Jerez akan selalu dikenang sebagai salah satu pertarungan paling kontroversial dalam sejarah MotoGP.

 

Video Populer

Foto Populer