Sukses


Puncaki Klasemen, Valentino Rossi Bikin Rekor Baru

Bola.com, Austin - Dalam usia yang sudah tak muda lagi, Valentino Rossi belum berhenti membuat rekor. Selepas MotoGP Austin, Minggu (23/4/2017), The Doctor resmi menjadi pebalap tertua yang memuncaki klasemen kelas primer (500cc/MotoGP) kejuaraan dunia balap motor grand prix dalam 68 tahun.

Rossi memimpin klasemen sementara MotoGP 2017 setelah finis kedua pada balapan di Circuit of the Americas (COTA). Pebalap Movistar Yamaha itu telah mengoleksi 56 poin atau unggul enam angka atas rival terdekat sekaligus rekan setimnya Maverick Vinales yang terjatuh di Texas.

Rossi memang belum pernah menang pada musim ini. Namun, dia menjadi pebalap yang paling konsisten karena selalu naik podium dari tiga balapan. Bagi Rossi, ini merupakan pertama kalinya dia memimpin klasemen sejak MotoGP Malaysia 2015.

Valentino Rossi memuncaki klasemen dalam usia 38 tahun dan 66 hari. Dia menjadi pebalap tertua yang memuncaki klasemen sementara kelas tertinggi sejak 1949.

Rossi melewati rekor pebalap Inggris, Leslie Graham, yang memuncaki klasemen sementara kelas 500cc dalam usia 37 tahun dan 340 hari pada 4 September 1949.

Rossi hanya kalah dari pebalap Inggris lainnya, Harold Daniell, yang sampai saat ini masih memegang rekor sebagai pebalap tertua yang memuncaki klasemen sementara kelas tertinggi sepanjang sejarah kejuaraan dunia balap motor grand prix.

Daniell berusia 39 tahun dan 256 hari saat memuncaki klasemen kelas 500cc setelah memenangi dua seri awal musim pertama kejuaraan dunia balap motor grand prix pada 1949.

Valentino Rossi masih memiliki sisa satu tahun kontrak bersama Yamaha. Jika belum pensiun serta mampu menjaga konsistensi dan performa di level tertinggi, bukan tidak mungkin Rossi akan melewati rekor Daniell pada MotoGP 2018.

Video Populer

Foto Populer