Sukses


Pemilik Lama F1 Tertarik Akuisisi MotoGP

Bola.com, Madrid - Pemilik lama F1 yang menjual haknya ke Liberty Media, CVC Fund, dikabarkan tertarik membeli saham pengelolaan MotoGP dan Superbike yang kini dipegang Dorna Sport. 

Seperti dikabarkan La Gazetta dello Sport,  Kamis (12/4/2018), Financial Times menyebut CVC ingin menguasai saham mayoritas Dorna, yang dipimpin Carmelo Ezpeleta. Dorna saat ini menguasai hak siar ekslusif MotoGP, Moto2, Moto3, dan Superbike. 

Proses negosiasi disebut-sebut telah dimulai, dengan nominal awal senilai 1 miliar euro atau Rp 17,02 triliun. Kabarnya perusahaan Prancis, Eurazeo, dan Gruuoe Bruxelle Lambert juga dilibatkan.   

Dorna menjadi pemilik hak siar MotoGP sejak 1999 dan dimpimpin sang CEO, Carmelo Ezpelata. Dia kemungkinan masih akan menempati posisinya jika kesepakatan terus berlanjut. 

Persaingan seru di MotoGP membuat balapan roda dua ini disebut-sebut telah menarik banyak penonton dari berbagai penjuru dunia, bahkan popularitasnya melebihi F1. Penonton MotoGP diperkirakan mencapai 300 juta. 

CVC Fund punya modal memadai untuk mengambil alih saham mayoritas kepemilikan MotoGP. Mereka mendapat dana hingga mencapai 8 miliar dolar AS (Rp 110 triliun) saat menjual kepemilikan F1 ke Liberty Media, 18 bulan lalu.  

 

Video Populer

Foto Populer