Sukses


Tahukah Anda Pernah Ada Lomba Kelas 500cc dengan Jarak 485,76 km

Bola.com, Jakarta - Begitu banyak rekor tercipta sepanjang sejarah kelas tertinggi Kejuaraan Dunia Balap Motor. Namun dari banyaknya rekor tersebut, tahukah Anda bahwa lomba kelas 500cc (kini bernama MotoGP) pernah berlangsung sepanjang 485,76 km!

Ya, kejadian ini berlangsung pada tahun 1957 pada lomba bertajuk Isle of Man Senior TT 1957. Lomba tersebut merupakan putaran kedua kelas 500cc musim 1957.

Karena jauhnya jarak lomba tersebut, pemenang lomba asal Skotlandia, Bob McIntyre menyelesaikan lomba dengan catatan waktu 3 jam 2 menit 57,2 detik.

Dia mengalahkan pembalap unggulan saat itu, John Surtess yang mengendarai MV Agusta. Bob mengalahkan Surtess dengan selisih sekitar 3 menit.

Sampai saat ini, jarak tempuh lomba Isle of Man Senior TT 1957 masih yang terpanjang sampai sekarang. Namun jika melihat perkembangan MotoGP era modern, rekor tersebut dipastikan tidak akan pernah bisa dipertajam.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Rekor Lomba Terpendek

Karena kini lomba MotoGP berlangsung dalam jumlah lap yang lebih sedikit. Dalam satu lomba, pembalap rata-rata hanya menempuh jarak 110 km.

Namun dalam era MotoGP ternyata juga ada rekor lomba dengan jarak tempuh terpendek. Kejadian ini berlangsung pada lomba MotoGP Italia 2004 yang dimenangkan Valentino Rossi.

Saat itu, jarak tempuh lomba hanya 31,47 km. Rossi yang mengasapi Sete Gibernau menyelesaikan lomba dengan catatan waktu hanya 12 menit 6,803 detik.

Sejatinya Lomba MotoGP Italia 2004 berlangsung 23 lap. Namun dihentikan setelah digelar sebanyak 17 lap akibat hujan.

Kemudian Direktur Lomba memutuskan hasil lomba ditentukan melalui enam lap terakhir saat lomba menjalani start ulang. Inilah alasan lomba di Sirkuit Mugello hanya menempuh jarak 31,47 km.

Sumber: Dari berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer