Sukses


Deretan Pembalap yang Pernah Menggeber Motor KTM: Pol Espargaro Paling Konsisten, Brad Binder Sang Rising Star

Bola.com, Jakarta - Direktur Motorsport KTM, Pit Bierer, tak kuasa menutupi rasa kehilangan ketika mengumumkan secara resmi kepindahan Pol Espargaro ke Repsol Honda mulai MotoGP 2021.

Pol Espargaro bukan pembalap biasa-biasa saja bagi KTM. Rider asal Spanyol itu sudah bersama KTM sejak tim itu menjalani balapan debut di MotoGP pada 2017.

Kontribusinya untuk pengembangan motor KTM sangat signifikan. Tak heran, Repsol Honda meliriknya untuk menjadi tandem Marc Marquez pada 2021. 

"Kepergian Espargaro ini adalah kehilangan terbesar dalam sejarah KTM di MotoGP. Kami mengenalnya sebagai pembalap yang cerdas dan pantang menyerah. Pol telah memberikan banyak positif untuk tim ini. Kami mengalami pasang surut bersama," tutur Beirer, ketika mengumumkan kepindahan Pol Espargaro ke Honda pada 13 Juli 2020, seperti dilansir Crash

"Kami juga mengalami masa kemuduran dan cedera. Kami juga merayakan podium pertama kami bersamanya, di tengah guyuran hujan pada balapan di MotoGP Valencia 2018." 

"Kami menjalani petualangan yang luar biasa bersama. Pol banyak berkontribusi pada proyek KTM. Dia akan selalu memiliki teman di KTM. Kami mendoakan yang terbaik bagi Pol di tim barunya," sambung Beirer. 

Beberapa pencapaian terbaik KTM selama berkiprah di MotoGP memang diraih melalui Pol Espargaro. 

Pada musim perdana di MotoGP, Pol Espargaro yang memberikan posisi 10 besar pertama bagi KTM, tepatnya di MotoGP Republik Ceska. Total, dia empat kali menembus posisi 10 besar. 

Podium pertama KTM juga diraih berkat Pol Espargaro. Pembalap asal Spanyol itu naik podium pada MotoGP Valencia 2018 pada balapan di bawah guyuran hujan dan penuh drama. Ia sempat terjatuh, melorot ke urutan 18, naik ke posisi kedelapan, balapan dihentikan sementara dan akhirnya berhasil finis di posisi ketiga. 

2 dari 4 halaman

Bradley Smith yang Biasa-biasa Saja

Pembalap lain yang juga bersama KTM sejak awal petulangan di MotoGP adalah Mika Kallio. Pembalap asal Finlandia itu malah turun dengan fasilitas wild card untuk KTM pada balapan terakhir MotoGP 2016, setahun sebelum mereka resmi bersaing di kelas premier itu. 

Namun, status Kallio hanyalah pembalap penguji dan beberapa kali turun dengan fasilitas wildcard. Dia juga didapuk menggantikan Zarco ketika memutuskan putus kontrak dengan KTM di tengah musim pada 2019. Pencapaian terbaik Kallio adalah finis ke-10 di MotoGP Austria 2017. 

Pada musim 2017 dan 2018, tandem Pol Espargaro di KTM adalah pembalap Inggris, Bradley Smith. Sayangnya, prestasi Smith tak istimewa.

Selama dua musim memperkuat KTM, pencapaian terbaik Smith adalah empat kali finis di posisi ke-10. KTM memutuskan mendepaknya pada akhir musim 2018. 

"Saya menyadari kondisi saya sekarang. Selama ini saya sudah menduga dan memprediksi KTM akan merekrut pembalap lain untuk menggantikan posisi saya," ujar Smith. 

KTM memilih pembalap Yamaha Tech 3 asal Prancis, Johann Zarco, sebagai pengganti Smith. 

 

3 dari 4 halaman

Mimpi Buruk Johann Zarco

Kedatangan Johann Zarco ke KTM diiringi ekspektasi tinggi. Pembalap Prancis itu tampil moncer bersama Yamaha Tech 3 dengan menempati peringkat keenam klasemen pembalap dalam dua musim beruntun, 2017 dan 2018. Bahkan, pada 2017 Zarco dinobatkan sebagai rookie terbaik MotoGP. 

Tetapi, petualanganya Zarco bersama KTM malah berubah menjadi mimpi buruk. Zarco dan motor KTM bukan pasangan yang serasi. Alhasil, pencapaian Zarco jeblok. 

Alih-alih mempersembahkan podium atau gelar juara, Zarco malah tak pernah finis di posisi 10 besar.

Johann Zarco pamit undur diri dari KTM sejak berakhirnya MotoGP Austria di Sirkut Red Bull Ring pada Minggu (11/8/2019). Zarco tidak betah bersama KTM. Ia juga takut kariernya hancur jika tetap lanjut bersama KTM. 

Setelah Zarco mundur, KTM menunjuk Mika Kallio sebagai penggantinya untuk menjalani sisa musim. 

"Kami yakin Mika dapat membantu kami menemukan arah baru di sisa seri musim ini. Ia bukan orang asing di KTM. Mika memiliki pengetahuan lebih tentang motor KTM RC16," kata Pit Beirer. 

 

4 dari 4 halaman

Kejutan Istimewa Brad Binder

Pada MotoGP 2020, KTM mengandalkan duet Pol Espargaro dan rookie Brad Binder. 

Brad Binder awalnya tanda tangan kontrak dengan Red Bull KTM Tech 3 untuk MotoGP 2020. Meski begitu, menyusul permintaan Johann Zarco kepada KTM untuk melepasnya pada tengah musim 2019, Binder dialihkan ke Red Bull KTM Factory Racing.

Dengan pembawaannya yang tenang namun dengan gaya balap yang sangat agresif, seperti tandemnya saat ini, Pol Espargaro, Binder diprediksi cocok dengan motor RC16 dan jadi ujung tombak pengembangan KTM di MotoGP pada masa mendatang.

Binder sukses mewujudkan prediksi itu lewat kemenangannya di MotoGP Republik Ceska. Kemenangan itu diraih pada balapan ketiganya di MotoGP. 

Selain sukses meraih kemenangan MotoGP perdana bagi dirinya sendiri dan KTM, Binder juga pembalap Afrika Selatan pertama yang mampu meraih kemenangan di era MotoGP.

Tak hanya itu, kakak kandung rider Moto3 Darryn Binder ini juga berhasil menjadi debutan MotoGP pertama yang mampu meraih kemenangan sejak Marc Marquez memenangi MotoGP Austin, Texas, pada 2013.

Kini, Binder berharap bisa meraih lebih banyak kemenangan lagi, apalagi dua seri berikutnya, yakni MotoGP Austria dan Styria di Sirkuit Red Bull Ring, merupakan kandang KTM. 

Sumber: Speedweek, Crash

Klasemen MotoGP Setelah Seri San Marino, Pecco Bagnaia Masih Membayangi Fabio Quartararo

Video Populer

Foto Populer