Sukses


Indonesia Racing Team Siap Turun di MotoGP 2021, Bakal Ikutan Full Season

Bola.com, Jakarta - Indonesia kembali membuat gebrakan di kancah motorsport. Setelah mendapat jatah menggelar MotoGP pada musim 2021, kini skuad Merah Putih juga akan memiliki tim yang mengikuti Kejuaraan Dunia Balap Motor.

Tim tersebut bernama Indonesia Racing Team dan dijadwalkan sudah turun pada musim 2021. "Penggagas proyek ini adalah Rapsel Ali. Sudah mendapat approve dari Menpora (Zainudin Amali)," kata Irawan Sucahyono selaku Direktur Komersial Indonesia Racing Team kepada Bola.com, Minggu (11/10/2020).

Mengenai apakah tim ini bakal turun hanya saat Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP atau full season yang berarti satu musim penuh, Irawan melanjutkan: "Full season ya."

"Rencana sebenarnya ikut tiga kelas sekaligus: MotoGP, Moto2, dan Moto3. Tapi MotoGP sulit, karena harus dapat persetujuan dari Dorna (penyelenggara MotoGP)," Irawan menuturkan.

"Terlebih kini semua tim MotoGP sudah terikat kontrak dengan Dorna. Jadi paling mudah itu Moto2. Karena mesin sama semua. Jadi realistisnya ikut Moto2 dan Moto3," lanjutnya.

2 dari 3 halaman

Pembalap Indonesia

Karena bertitel Indonesia Racing Team, Irawan menuturkan tim ini akan diisi pembalap nasional. Di antaranya Dimas Ekky Pratama yang musim 2019 sudah ikutan Moto2 selama satu tahun penuh.

"Yang sudah pasti sekarang (pembalap dari Indonesia), Dimas Ekky Pratama. Karena memang mencari pembalap nasional yang siap (di Moto2 dan Moto3) sangat sedikit," ucap Irawan, pria yang sudah malang melintang di kancah motorsport nasional.

Irawan pun menceritakan Indonesia Racing Team bakal menjadi proyek jangka panjang. Jadi semua pembalap Tanah Air tentunya punya peluang untuk unjuk kemampuan agar bisa mentas di Moto2 maupun Moto3.

Indonesia sendiri saat ini sedang terus mengebut pekerjaan Sirkuit Mandalika, Lombok yang akan jadi tempat balapan MotoGP pada musim 2021. 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Hasil Seri Terakhir MotoGP 2020, Miguel Oliveira Tercepat

Video Populer

Foto Populer