Sukses


MotoGP Teruel: Franco Morbidelli Menang, Joan Mir Menjauh di Puncak Klasemen

Bola.com, Alcaniz - Dua pembalap Suzuki, Alex Rins dan Joan Mir kembali finis podium pada balapan di Sirkuit Motorland Aragon, Spanyol yang kali ini bertajuk MotoGP Teruel, Minggu (25/10/2020).

Namun predikat pemenang balapan bukan untuk keduanya. Adalah pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli. Praktis ini merupakan kemenangan kedua pembalap akademi milik Valentino Rossi itu di MotoGP 2020.

Morbidelli juga jadi pembalap kedua setelah Fabio Quartararo yang berhasil naik podium teratas lebih dari sekali pada musim ini. Alex Rins sendiri finis kedua. 

Sementara naik podium ketiga sangat menguntungkan untuk Joan Mir. Karena pada saat yang sama, tidak ada rivalnya jadi juara dunia finis lima besar.

Alhasil usai MotoGP Teruel, Joan Mir semakin menjauh di puncak klasemen. Kali ini Fabio Quartararo kembali terpuruk dengan hanya finis kedelapan. Sementara Maverick Vinales berada di posisi tujuh dan Andrea Dovizioso bahkan terlempar dari 10 besar.

Adapun dua pembalap Honda: Takaaki Nakagami dan Alex Marquez yang sempat menunjukkan kecepatan fantastis sama-sama gagal menyentuh garis finis.

Nakagami, start sebagai pole position, bahkan sudah meninggalkan balapan setelah memimpin balapan di tikungan 1 selepas start.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 3 halaman

Jalannya Balapan

Drama balapan MotoGP Teruel sudah dimulai selepas start. Tiga pembalap langsung mengalami kecelakaan. Satu di antaranya adalah peraih pole position, Takaaki Nakagami. Nahasnya pembalap LCR Honda itu terjatuh setelah memimpin balapan selepas tikungan 1.

Adapun dua pembalap lain yang mengalami insiden selepas start dari pembalap pabrikan KTM, Brad Binder dan rider Pramac Ducat, Jack Miller. Franco Morbidelli pun mengambil alih posisi pertama diikuti pemenang MotoGP Aragon, Alex Rins.

Pada lap 11, rekan setim Alex Rins sekaligus pimpinan klasemen sementara Joan Mir naik ke posisi ketiga setelah mengasapi rider Avintia Ducati, Johann Zarco.

Lap 14, pembalap Honda lain, Alex Marquez turut mengakhiri balapan lebih cepat akibat terjatuh. Padahal tanpa kecelakaan ini, adik dari Marc Marquez itu punya kans mengulangi podium yang ia raih pada MotoGP Aragon.

Komposisi 1-3 diisi Morbidelli, Rins, dan Mir bertahan sampai finis. Morbidelli finis pertama dengan keunggulan 2,205 detik dari urutan kedua.

Sementara Mir yang tampak tidak ngotot mengejar posisi yang lebih baik demi persaingan jadi juara dunia berselisih 5,376 detik dari pembalap tercepat.

3 dari 3 halaman

10 Besar Balapan MotoGP Teruel

1. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha) 41 menit 47,652 detik

2. Alex Rins (Suzuki Ecstar) +2,205 detik

3. Joan Mir (Suzuki Ecstar) +5,376 detik

4. Pol Espargaro (Red Bull KTM) +10,299 detik

5. Johann Zarco (Avintia Ducati) +12,915 detik

6. Miguel Oliveira (KTM Tech 3) +12,953 detik

7. Maverick Vinales (Yamaha) +14,262

8. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) +14,720 detik

9. Iker Lecuona (KTM Tech 3) +17,177 detik

10. Danilo Petrucci (Ducati) +19,519 detik

11. Cal Crutchlow (LCR Honda) +19,708 detik

12. Stefan Bradl (Repsol Honda) +20,591 detik

13. Andrea Dovizioso (Ducati Team) +22,222 detik

14. Tito Rabat (Avintia Ducati) +26,496 detik

15. Bradley Smith (Aprilia) +31,816 detik

 

Tidak finis: Takaaki Nakagami (LCR Honda), Alex Marquez (Repsol Honda), Aleix Espargaro (Aprilia), Francesco Bagnaia (Pramac Ducati), Brad Binder (KTM), Jack Miller (Pramac Ducati)

Video Populer

Foto Populer