Sukses


Suzuki Bisa Raih Triple Crown, Sapu Bersih Titel Juara Dunia MotoGP 2020

Bola.com, Valencia - Tim Suzuki Ecstar dan pembalap mereka Alex Rins-Joan Mir berpotensi meraih triple crown atau sapu bersih titel juara dunia MotoGP 2020. Ada tiga gelar yang bisa direngkuh pabrikan asal Hamamatsu, Jepang ini: juara dunia pembalap, tim, dan konstruktor.

Apalagi berkat sukses Suzuki Ecstar menempatkan Joan Mir dan Alex Rins finis 1-2 pada balapan MotoGP Eropa di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, akhir pekan lalu.

Kini Joan Mir sedang memimpin klasemen pembalap dengan keunggulan 37 poin dari rider Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo dan juga Alex Rins.

Dengan jumlah keunggulan poin seperti itu, Joan Mir bahkan punya kans untuk mengunci titel juara dunia pembalap pada balapan berikutnya, MotoGP Valencia, akhir pekan ini.

Situasi sama terjadi di klasemen tim. Menuju MotoGP Valencia, Suzuki Ecstar unggul 82 poin dari Petronas Yamaha SRT. Jika mengakhiri balapan nanti dengan selisih setidaknya 45 poin dari Petronas Yamaha SRT, maka Suzuki Ecstar akan memastikan titel juara dunia tim.

Sementara persaingan menuju tangga juara dunia konstruktor masih ramai. Kini Suzuki sedang memimpin klasemen tapi dengan keunggulan hanya tujuh poin dari Ducati. Yamaha juga masih berpeluang lantaran tertinggal 25 poin di posisi ketiga.

2 dari 3 halaman

Tahun 2000

Fakta di atas tentu sangat mengejutkan. Mengingat Suzuki memang sudah sangat lama tidak merasakan juara.

Kali terakhir pembalap dari tim ini merasakan titel juara adalah musim 2000. Saat itu Kenny Roberts Jr memenangkan persaingan melawan Valentino Rossi dan nama kelas premier masih 500cc belum MotoGP.

Tapi pada tahun tersebut, titel juara konstruktor menjadi milik Yamaha. Sementara Suzuki hanya menempati posisi ketiga.

Jadi apakah Suzuki dan dua pembalap mereka: Joan Mir dan Alex Rins bisa mewujudkan raihan triple crown di MotoGP 2020? Perlu diingat, meski sudah di atas angin, apapun masih bisa terjadi pada dua balapan terakhir MotoGP 2020.

 

Sumber: MotoGP 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Video Populer

Foto Populer