Sukses


Jelang MotoGP Valencia: Valentino Rossi Luapkan Kekesalan terhadap Yamaha, Tak Yakin Pendapatnya Masih Didengarkan

Bola.com, Jakarta - Valentino Rossi meluapkan kekesalan terhadap Yamaha mengenai pengembangan motor. Komplain itu dilontarkan Rossi setelah hanya start ke-16 pada balapan MotoGP Valencia 2020, di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (15/11/2020). 

Rekan setim Valentino Rossi, Maverick Vinales, akan menempati posisi start keenam. Tapi, dua pembalap tim pabrikan Yamaha itu malah start di belakang pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli. 

Morbidelli tampil impresif pada sesi kualifikasi dan menyabet pole. Padahal anak didik Rossi itu memakai motor M1 lawas, bukan terbaru seperti Rossi, Vinales, dan rekan setimnya, Fabio Quartararo. 

Fakta tersebut disadari Rossi. Apalagi kondisi seperti itu bukan yang pertama. Dalam beberapa balapan tahun ini, Morbidelli meraih hasil lebih baik dibanding dua rider tim pabrikan. Rossi pun menyoroti pengembangan motor yang dilakukan Yamaha. 

"Ini bukan kali pertama pembalap dengan motor lama lebih cepat daripada yang memakai motor M1 pabrikan. Hal seperti kerap terjadi dalam beberapa tahun terakhir. Menurut saya, kami perlu benar-benar bekerja untuk melakukan perbaikan," kata Rossi mengomentari hasil kualifikasi MotoGP Valencia, seperti dilansir GP One

"Masalahnya musim lalu adalah musim yang sulit bagi Yamaha dan kami perlu melakukan perbaikan motor di beberapa area. Mesin dan grip ban belakang misalnya."

"Namun, sejak pertama mendapatkan M1 baru, saya merasa tak banyak berubah. Saya tak bilang ini lebih buruk daripada 2019, tetapi sangat mirip. Kami tak bisa melangkah maju seperti yang kami inginkan," imbuh Valentino Rossi

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Masih Berpengaruh di Yamaha?

Publik pun bertanya-tanya apakah Valentino Rossi sudah tidak berpengaruh lagi dalam pengembangan motor M1 Yamaha. Apalagi, dia dipastikan akan membalap untuk tim satelit Yamaha pada 2021. 

Posisi Rossi di tim pabrikan akan digantikan oleh Quartararo. Ia akan berduet dengan Morbidelli di Petronas Yamaha SRT.

"Saya selalu berusaha yang terbaik untuk menjelaskan feeling saya tentang motor. Dan masalah yang saya pikir saya miliki, dalam beberapa tahun terakhir, mereka kurang lebih masih sama. Saya tak yakin apakah mereka masih mendengarkan saya atau tidak, jadi saya tak khawatir bergabung dengan tim satelit. Saya tak merasa akan terlalu berubah," kata Rossi. 

"Mari saya perjelas. Saya senang bekerja dengan Yamaha. Saya punya banyak pengalaman, dan saya seorang pembalap yang sangat sensitif, itulah sebabnya saya memberikan informasi sedetail mungkin. Tapi kami tak bisa membuat kemajuan yang besar," imbuh Rossi.  

Sumber: GP One 

Video Populer

Foto Populer