Sukses


Mengenal 2 Trek Selain MotoGP Indonesia dalam Daftar Cadangan Musim 2021: Portugal dan Rusia Siap, Mandalika Sirkuitnya Saja Belum Jadi

Bola.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu, Dorna sebagai penyelenggara MotoGP telah merilis daftar sementara kalender balap untuk musim 2021. Pada daftar tersebut, ada 20 seri lomba yang satu di antaranya belum bertuan yaitu putaran ke-11.

Selain itu, ada tiga sirkuit masuk daftar reserve atau balapan pengganti. Nah, satu dari tiga trek kategori reserve ini ada Sirkuit Mandalika, Lombok.

Sirkuit Mandalika memang diplot untuk menggelar MotoGP Indonesia pada musim 2021. Hanya saja akibat pandemi virus corona, pembangunan sirkuit yang ditargetkan selesai akhir tahun 2020 harus molor.

Kini Mandalika Grand Prix Association (MGPA) sebagai penyelenggara MotoGP Indonesia 2021 menargetkan Sirkuit Mandalika bakal rampung paling lambat Juni 2021 dan ditargetkan lolos homologasi pada Juli 2021.

Jika membandingkan persiapan MotoGP Indonesia ketimbang dua negara lain dalam daftar balapan cadangan, tentu Sirkuit Mandalika bisa dibilang berada pada urutan terakhir.

Karena jika Sirkuit Mandalika, treknya saja belum jadi, dua pesaing lainnya sudah sangat siap. Adalah Portugal dengan Sirkuit Portimao. Kemudian, Rusia yang akan mengandalkan Sirkuit Igora Drive.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 3 halaman

Sirkuit Portimao

Sirkuit Portimao bahkan sudah lolos homologasi untuk kali pertama dari Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM) sekaligus Federasi Automobil Internasional (FIA) pada Oktober 2008. Artinya sirkuit ini memang layak menggelar balapan MotoGP maupun F1.

Tidak heran ketika banyak balapan MotoGP dan F1 yang dibatalkan pada musim 2020, Sirkuit Portimao dipilih sebagai pengganti. Untuk MotoGP, trek yang memiliki panjang 4,692 km ini bahkan berstatus seri terakhir.

Alhasil sepanjang 2020, Sirkuit Portimao sukses menggelar MotoGP, F1 sekaligus Kejuaraan Dunia Superbike. Dikabarkan banyak pelaku MotoGP menginginkan kembali balapan di trek ini pada musim 2021.

3 dari 3 halaman

Sirkuit Igora Drive

Bagaimana dengan Sirkuit Igora Drive, Rusia? Ketimbang Portimao, trek ini terbilang baru. Sirkuit yang terletak 54 km dari Saint Petersburg resmi dibuka pada 2019.

Trek ini juga sudah mendapat homologasi dari FIA, meski belum ada catatan sudah melalui proses sama dari FIM. Tapi jika melihat infrasturktur yang dimiliki Sirkuit Igora Drive, trek ini bakal mudah mendapat homologasi FIM sebagai syarat menggelar MotoGP.

Apalagi pada musim 2020, seharusnya Sirkuit Igora Drive menggelar beberapa balapan kelas dunia. Sebut saja Kejuaraan Dunia Mobil Turing (DTM) sampai Kejuaraan Dunia Rallycross. Tapi semua dibatalkan akibat pandemi COVID-19.

Kesimpulannya seperti Portimao, Igora Drive juga sangat siap dalam hal infrastruktur. Sementara Sirkuit Mandalika masih terus dibangun.

Paling realistis, sebaiknya Mandalika Grand Prix Association (MGPA) sebagai penyelenggara MotoGP Indonesia fokus merampungkan Sirkuit Mandalika pada tahun depan dan menargetkan bisa masuk kalender MotoGP pada musim 2022.

Video Populer

Foto Populer