Sukses


Cedera Tak Kunjung Sembuh dan Jalani Operasi 3 Kali, Marc Marquez Disebut Ada Kemungkinan Pensiun

Bola.com, Jakarta - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez harus menjalani operasi ketiga pada tulang humerus kanan, Kamis (03/12/2020) lalu. Kabar operasi ketiga ini sarat makna.

Pertama, Marc Marquez dikabarkan baru selesai menjalani pemulihan pada bulan Mei-Juni 2021. Kedua, dengan periode pemulihan selama itu, dipastikan juara dunia MotoGP enam kali tersebut harus melewati beberapa balapan awal musim depan.

Fakta Marc Marquez sampai harus melakukan operasi ketiga adalah bukti cedera tulang humerus kanan yang dialaminya begitu parah. Bahkan dalam prosesnya, ia sampai menjalani cangkok tulang.

Situs Speedweek pun mendapat narasumber yang dirahasikan bahwa paddock MotoGP sejatinya sudah tahu bahwa Marc Marquez memang butuh waktu lama untuk memulihkan cederanya.

Bahkan sumber tersebut mendapat info dari salah satu pekerja di tim Yamaha, rival tim Marc Marquez, Honda, bahwa kakak dari Alex Marquez itu terancam pensiun dini akibat cedera ini.

"Pada pertengahan Agustus, saya mendengar dari anggota tim Yamaha bahwa Marc Márquez tidak akan lagi balapan pada tahun 2020 dan mungkin tidak akan pernah lagi dalam hidupnya," kata narasumber itu.

"Saat itu saya berusaha menepis informasi ini dengan istilah 'angan-angan'. Karena semua tahu Honda dan Yamaha terlibat persaingan yang panjang," lanjutnya.

Kini info tersebut bisa menjadi valid. Mengingat Marc Marquez sampai harus menjalani operasi ketiga yang menandakan ada yang tidak beres dengan proses pemulihan cederanya.

2 dari 3 halaman

Kronologi Cedera Marc Marquez

Seperti diketahui, Marc Marquez mengalami kecelakaan hebat dalam MotoGP Spanyol di Jerez pada 19 Juli lalu, yang menyebabkan patah tulang humerus kanan.

Dua hari usai insiden, Marquez pun menjalani operasi di Barcelona untuk menanamkan satu plat titanium dan 12 sekrup. Dua hari usai operasi, Marquez kembali ke Jerez untuk turun di MotoGP Andalusia.

Namun, usai coba turun di di sesi FP3, lengannya membengkak dan memar hingga ia memutuskan mundur dan fokus mencari kans kembali di Brno, Ceko. Sayang, drama Marquez tak berhenti di situ.

Pada 3 Agustus, jelang MotoGP Ceko, Marquez secara menggemparkan harus menjalani operasi kedua usai platnya patah akibat membuka jendela besar di rumah saat hendak mengajak kedua anjingnya jalan-jalan.

Sejak itu, proses pemulihannya sangat rumit dan butuh waktu lama. Marquez beberapa kali dikabarkan akan kembali balapan pada beberapa seri.

Namun, menjelang MotoGP Valencia pada 15 November lalu, 8 kali juara dunia ini mengaku takkan kembali sampai musim berakhir dan akan fokus pada pemulihan demi kembali dengan kondisi lebih bugar pada 2021. Demi mewujudkan harapannya itu, Marquez akhirnya memutuskan untuk menjalani operasi ketiga.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Perkembangan Terkini Pengerjaan Sirkuit Mandalika untuk MotoGP Indonesia

Video Populer

Foto Populer