Sukses


Raih Pole Position MotoGP Italia, Fabio Quartararo Persembahkan Sukses untuk Kesembuhan Pembalap Moto3 yang Alami Kecelakaan Parah

Bola.com, Jakarta - Pembalap Monster Energy Yamaha MotoGP, Fabio Quartararo sukses meraih pole position pada sesi kualifikasi MotoGP Italia di Sirkuit Mugello hari Sabtu (29/05/2021) malam WIB.

Bukan hanya pole position, catatan waktu 1 menit 45,187 detik membuatnya memecahkan rekor lap MotoGP di Sirkuit Mugello yang sebenarnya baru saja diipertajam Pecco Bagnaia pada FP3 MotoGP Italia 2021.

Kualifikasi MotoGP Italia 2021 juga menahbiskan Fabio Quartararo sebagai pembalap spesialis hari Sabtu. Karena ia sudah meraih pole position sebanyak empat kali dan semua diraih secara berturut-turut.

Usai kualifikasi MotoGP Italia, Fabio Quartararo secara khusus mempersembahkan suksesnya untuk kesembuhan pembalap Moto3, Jason Dupasquier. Dia mengalami kecelakaan parah pada sesi kualifikasi Moto3 Italia.

Sampai berita ini ditulis, Jason Dupasquier sedang menjalani pemeriksaan di rumah sakit Florence. "Saya sangat senang. Itu merupakan salah satu lap terbaik di dalam hidup saya (soal catatan waktunya yang menjadi rekor)," kata Fabio Quartararo.

"Sukses ini saya persembahkan untuk Jason Dupasquier yang mengalami kecelakaan pada kualifikasi Moto3. Semoga ia baik-baik saja," lanjut pembalap asal Prancis itu.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Jalannya Kualifikasi MotoGP Italia

Pada run 1 sesi Q1 (kualfikasi pertama), pembalap unggulan seperti Marc Marquez, Maverick Vinales, sampai Valentino Rossi justru kesulitan.

Run 1 ditutup dengan pembalap LCR Honda, Takaaki Nakagami dan pembalap Avintia, Enea Bastianini berada di posisi 1-2. Pada run 2 sempat diwarnai aksi Marc Marquez yang coba membuntuti Maverick Vinales.

Vinales tampak enggan diikuti Marquez yang ingin memanfaatkan slip stream dari pembalap cepat. Pada akhirnya, Marquez mendapat keuntungan dengan jadi tercepat pada Q1 lewat catatan 1 menit 45,924 detik.

Nahasnya Vinales membuat kesalahan pada lap terakhir di mana ia punya kans untuk finis dua besar. Sisi lain, Aleix Espargaro sukses menempati posisi kedua dan menemani Marc Marquez lolos ke Q2.

Maverick Vinales sendiri akan memulai balapan MotoGP Italia hari Minggu dari posisi 13. Hasil buruk juga didapat pembalap tuan rumah, Valentino Rossi. Dia bakal start race besok dari urutan 19. 

 

Jalannya Q2 

Awal run 1 Q2 kualifikasi MotoGP Italia, Aleix Espargaro dan Jack Miller sempat bergantian untuk berada di posisi pertama. Espargaro bahkan sempat mencatat lap fantastis 1 menit 45,651 detik.

Namun tidak lama setelah itu, Fabio Quartararo naik ke posisi pertama berkat catatan 1 menit 45,481 detik. Run 1 Q2 diakhiri pembalap Yamaha itu dengan keunggulan 0,170 detik dari Espargaro.

Run 2 Q2 semua pembalap berusaha meningkatkan catatan waktu. Mayoritas gunakan ban kompon medium depan dan lunak belakang.

Fabio Quartararo langsung unjuk gigi dengan torehan 1 menit 45,187 detik yang membuatnya semakin sulit disusul pembalap lain.

Catatan itu membuatnya mempertajam rekor lap di Sirkuit Mugello yang sebenarnya baru saja dipecahkan Pecco Bagnaia pada FP3 MotoGP Italia lewat catatan 1 menit 45,456 detik.

Pada akhir sesi, Pecco Bagnaia berusaha mendekati catatan waktu Fabio Quartararo. Namun catatan 1 menit 45,417 hanya menempatkannya di posisi kedua.

Kemudian Johann Zarco melengkapi daftar pembalap yang start baris depan dengan berada di posisi ketiga.

Video Populer

Foto Populer