Sukses


Bulan November Balapan Superbike Mampir ke Sirkuit Mandalika, Catat Ada Pembalap Indonesia Lho yang Ikut Serta

Bola.com, Jakarta - Sirkuit Jalan Raya Mandalika, Lombok akan melakukan debut dengan menyelenggarakan balapan Kejuaraan Dunia Superbike 2021, 20-21 November nanti.

Ini bakal jadi pembuktian Sirkuit Mandalika bisa menggelar event balap internasional sebelum menjadi tuan rumah tes pramusim dan balapan MotoGP 2022.

Layaknya MotoGP, balapan Superbike juga memiliki beberapa turunan kelas saat mentas di Sirkuit Mandalika nanti. Salah satunya Kejuaraan Dunia Supersport.

Ya, Supersport merupakan kelas balapan yang menampilkan motor kapasitas 600cc. Yang patut jadi sorotan, event World Supersport tahun 2021 diikuti pembalap Indonesia.

Sosoknya adalah pembalap binaan PT Yamaha Indonesia, Galang Hendra. Galang Hendra, 21 tahun, memperkuat salah satu tim papan atas World Supersport, Ten Kate Racing Yamaha bersama rider Swiss, Dominique Aegerter.

2 dari 3 halaman

Rekam Jejak Galang Hendra

Dominique Aegerter sendiri kini berstatus sebagai pimpinan klasemen balapan kelas World Supersport. Dia sudah mengantongi sembilan kemenangan sejauh ini dan mengumpulkan 354 poin.

Sementara Galang Hendra berada di posisi 18 klasemen dengan catatan 24 poin. Raihan terbaiknya sejauh ini adalah finis posisi sepuluh pada race 2 di Sirkuit Motorland Aragon.

Tentu diharapkan Galang Hendra bisa meraih prestasi membanggakan pada balapan Supersport di Mandalika. Namun tantangan yang ia hadapi juga bakal berat. Karena seperti pembalap lain, ia belum pernah mencoba Sirkuit Mandalika.

3 dari 3 halaman

Pertamina Mandalika International Street Circuit

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia Persero atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan Pertamina melakukan sinergi untuk mendukung pengembangan Mandalika Internasional Street Circuit yang dipersiapkan menggelar event World Superbike pada November 2021 dan MotoGP, Maret 2022.

Sinergi tersebut ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Sponsorship Mandalika International Street Circuit Naming Right untuk penyelenggaraan MotoGP 2022 di Indonesia oleh ITDC dan PT Pertamina (Persero), pada 7 Oktober 2021.

Penandatanganan PKS dilakukan oleh Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dan Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer, dan disaksikan oleh Wakil Menteri BUMN I Pahala N. Mansury dan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah.

Melalui PKS ini, Pertamina memperoleh hak penyertaan nama korporasi pada Jalan Kawasan Khusus (JKK)/street circuit (sirkuit jalan raya) The Mandalika dengan jangka waktu sejak tanggal perjanjian hingga 31 Desember 2022.

Penandatanganan PKS hari ini juga menandai secara resmi penamaan sirkuit jalan raya, sepanjang 4,31 km yang dibangun oleh ITDC tersebut, menjadi “Pertamina Mandalika International Street Circuit”.

Video Populer

Foto Populer