Sukses


Saran Alex Rins Sebelum Sirkuit Mandalika Menggelar MotoGP 2022: Ajak Motor di Jalanan untuk Balapan

Bola.com, Lombok Tengah - Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, menyarankan Sirkuit Mandalika agar sering digunakan untuk balapan demi menghindari insiden lintasan kotor. Kondisi itu terjadi dalam tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika pada 11-13 Februari 2022, demikian pemberitaan Antara, Minggu (13/2/2022).

Pada hari pertama tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika, Jumat (11/2/2022), sempat diwarnai drama soal kotornya lintasan akibat pembangunan di sekitar area sirkuit.

Hujan deras yang juga sempat mengguyur sehari sebelumnya membuat debu yang terdapat di aspal juga menjadi lumpur akibat gerimis pada pagi hari.

Petugas trek sempat membersihkannya, namun garis balap yang ideal baru tercipta ketika para rider diwajibkan menjalani setidaknya 20 lap pada sesi siang.

Uniknya, kebanyakan pembalap dan tim mengakui ini bukan masalah besar karena kerap terjadi di trek baru dan trek yang jarang dipakai.

Sebagai catatan, Sirkuit Mandalika baru sekali dipakai ketika menggelar balapan WorldSBK Indonesia pada November 2021. Kala itu, meski diguyur hujan deras setiap hari, treknya tak menimbulkan masalah berarti, bahkan tak mendapatkan keluhan dari para pembalapnya.

2 dari 3 halaman

Demi Lintasan yang Oke

Meski tak terlalu mempermasalahkan kotornya trek selama uji coba, para rider MotoGP tetap meminta Sirkuit Mandalika harus bersih seutuhnya ketika pekan balap digelar pada 18-20 Maret 2022.

Selain MotoGP, Sirkuit Mandalika juga akan menyelenggarakan balapan Moto2, Moto3 dan Idemitsu Asia Talent Cup.

Satu di antara permintaan Dorna Sports yang juga harus dipenuhi Sirkuit Mandalika adalah penyediaan track jet truck yang lebih efektif membersihkan trek. Selain itu, Rins punya saran lain agar lintasan Sirkuit Mandalika tetap bersih dari debu dan memiliki grip yang oke.

"Mungkin satu pekan sebelum kami datang ke sini mereka bisa mengizinkan semua motor yang ada di jalanan untuk balapan di sini agar lebih banyak grip di trek. Atau mungkin lakukan balap mobil, dengan mobil-mobil sewaan, entah bagaimana," kata pembalap asal Spanyol berusia 26 tahun itu.

3 dari 3 halaman

Waktu untuk Berbenah Tidak Cukup?

Melihat kesiapan Sirkuit Mandalika, Rins pun meyakini pengelola trek bakal melakukan tugas sebaik mungkin demi memperbaiki kualitas trek pada Maret 2022.

"Kita lihat saja, saya yakin mereka akan melakukan sesuatu, tapi mungkin untuk saat ini waktunya tidak cukup," tuturnya.

Lewat MotoGP.com, Managing Director Dorna Sports, Carlos Ezpeleta, juga mengaku yakin waktu sebulan cukup untuk Sirkuit Mandalika berbenah.

"Menyenangkan bisa mendapatkan sirkuit macam ini, yang tidak memiliki aktivitas trek dalam hari-hari ke depan. Jadi, mereka bisa lebih bebas bekerja memenuhi beberapa hal yang kami minta," ujarnya.

"Kami yakin nantinya trek ini bakal jauh lebih bersih. Jelas mereka punya waktu satu bulan untuk bersiap. Mesin-mesin mereka juga oke. Semua kini sudah beres, kami yakin pekan balap nanti akan sukses. Ini gelaran besar bagi negara ini dan kejuaraan kami. Kami beruntung Indonesia bisa kembali," ujar Ezpeleta memungkasi.

Sumber: Antara, MotoGP

Disadur dari: Bola.net (Anindhya Danartikanya, Senin 14/2/2022)

Video Populer

Foto Populer