Sukses


MotoGP 2022 Mandalika: Sejumlah Pembalap Akan Tiba di Indonesia Lebih Cepat

Bola.com, Jakarta - Wakil Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Cahyadi Wanda, menyatakan sebagian rombongan MotoGP bakal tiba di Mandalika, Lombok, Indonesia, sehari setelah Seri Qatar di Sirkuit Losail, yakni pada Senin (9/2/2022) mendatang. Hal ini ia sampaikan dalam media debrief virtual ITDC dan MGPA, Rabu (2/3/2022).

Seperti yang diketahui, Pertamina Grand Prix of Indonesia di Sirkuit Mandalika bakal digelar pada 18-20 Maret. Cahyadi pun menyatakan bahwa MGPA dan ITDC sudah berupaya keras melakukan persiapan matang demi menyambut kedatangan para peserta dan penonton sesuai dengan standar yang dipatok FIM dan Dorna Sports.

Saat ini mereka tengah mengebut proses pengaspalan ulang lintasan dari Tikungan 17 sampai Tikungan 5, yang pada tes pramusim lalu dinilai para pembalap kotor dan menciptakan krikil. Namun, Cahyadi juga menyatakan bahwa, di luar pengaspalan ulang, fasilitas Sirkuit Mandalika yang lain sudah diacungi jempol oleh FIM dan Dorna.

"Persiapan kami sangat intens, semua disiapkan secara detail. Kami berhasil menjalankan tes pramusim dengan penilaian yang baik dari Dorna. Penilaian ini tak hanya soal kesiapan sirkuit, melainkan juga dari pertama kali pesawat datang membawa kargo, proses imigrasi pembalap, cara kami menjalankan protokol kesehatan, sampai cara mempersiapkan hotel dan paddock," tutur Cahyadi.

Sebelum bertolak ke Mandalika, para peserta MotoGP akan lebih dulu menjalani seri perdana di Sirkuit Losail, Qatar, pada 4-6 Maret nanti. Meski Seri Indonesia baru akan digelar dua pekan setelahnya, Cahyadi menyatakan bahwa beberapa kargo dijadwalkan akan tiba akhir pekan ini, begitu juga beberapa anggota tim.

"Rombongan MotoGP akan ada yang tiba sehari setelah GP Qatar selesai. Kargo juga akan ada yang datang pada 7, 8, 9, dan 10 Maret. Kami mempersiapkan semuanya dengan maksimal. Kami sudah berkoordinasi dengan semua pihak, termasuk bandara dan bea cukai. Kami berharap prosesnya akan berjalan dengan baik," ungkapnya.

 

2 dari 2 halaman

Bakal Ada 2.500 Orang di Paddock

Cahyadi menyatakan, peserta lengkap MotoGP dipastikan sudah berada di Mandalika pada 14 Maret, karena sudah harus melakukan setup garasi. Ia yakin bisa membantu para peserta dengan baik, karena sudah memetik banyak pelajaran dari gelaran WorldSBK 2021 serta tes pramusim MotoGP pada 11-13 Februari lalu.

"Kami sudah ada pengalaman dari gelaran sebelumnya yang bikin kami lebih percaya diri. Begitu juga soal perbaikan sirkuit, kami berkomunikasi yang baik dengan Dorna. Kami sudah melakukannya sesuai standar Dorna seperti Grand Prix di negara lainnya," tutur Cahyadi, yang menyebut bahwa akan ada 2.500 orang peserta yang bakal memenuhi paddock.

"Kami sudah siap. Kantor-kantor tim di area paddock sudah mulai dipasang. Dalam tes pramusim, hanya 600 orang yang datang. Namun, pada pekan balap nanti akan ada 2.500 orang, termasuk pembalap. Jadi, dari ujung ke ujung paddock takkan ada ruang kosong. Semua akan dipakai oleh Moto3, Moto2, MotoGP, dan Asia Talent Cup," tutupnya.

Sumber: Media debrief virtual ITDC dan MGPA

Disadur dari: Bola.net (Anindhya Danartikanya, published 2/3/2022)

Video Populer

Foto Populer