Sukses


Suzuki Berencana Meninggalkan MotoGP pada Akhir 2022, Bagaimana Nasib Joan Mir dan Alex Rins?

Bola.com, Jakarta - Tim Suzuki dikabarkan berencana untuk mengakhiri keterlibatannya di MotoGP setelah musim 2022 berakhir. Tim pabrikan asal Jepang ini berencana untuk mengakhiri kiprahnya di MotoGP setelah tujuh tahun kembali berlaga di kelas premium balap motor dunia tersebut.

Kabar tersebut diungkapkan oleh Motosport.com yang menuliskan bahwa semua petinggi Suzuki berkumpul bersama anggota tim MotoGP pada Senin (2/5/2022) dan memberitahu mengenai rencana untuk mengakhiri kiprah di MotoGP pada akhir tahun ini.

Keputusan ini tentu menjadi kabar yang mengejutkan bagi seluruh anggota tim. Seperti dilansir Motosport.com, kabar resmi dari Suzuki tampaknya akan segera dirilis dalam beberapa jam ke depan.

Tim pabrikan asal Jepang ini merupakan pesaing kuat ketika MotoGP masih ada di era 500cc, di mana sejumlah gelar juara dunia diraih oleh pembalapnya, seperti Barry Sheene, Marco Lucchinelli, Franco Uncini, Kevin Schwantz, dan Kenny Roberts Jr.

Suzuki yang kemudian melanjutkan kiprahnya saat MotoGP memasuki era four stroke, sempat menarik diri pada akhir musim 2011 karena kesulitan finansial yang membuat mereka hanya punya satu pembalap saat itu, yaitu Alvaro Bautista.

Tim Suzuki kemudian membangun kembali sebuah proyek yang membuat mereka bisa kembali ke MotoGP pada 2015, menjadi pemenang di MotoGP Inggris 2016 dan Maverick Vinales merupakan pembalap yang meraih kemenangan di Sirkuit Silverstone saat itu.

Hingga pada akhirnya, Suzuki kembali meraih gelar juara dunia lewat Joan Mir pada MotoGP 2020. Bahkan hingga kini Joan Mir masih setia bersama Suzuki.

 

2 dari 2 halaman

Nasib Alex Rins dan Joan Mir?

 

Pengumuman mengejutkan Suzuki kepada anggota timnya di MotoGP tentu membuat nasib dari Joan Mir dan Alex Rins kini mengapung. Seperti dilansir dari Motosports.com, ada kemungkinan Joan Mir bakal bergabung bersama Honda untuk menggantikan Pol Espargaro.

Sementara itu, untuk masa depan Alex Rins hingga saat ini masih belum menemui kepastian.

Baik Mir maupun Rins dikontrak oleh Suzuki hingga akhir 2022, di mana keduanya sudah sempat mengutarakan niatnya untuk terus bersama Suzuki pada saat pramusim lalu. Bahkan Rins juga sempat menyatakan di Portugal bahwa Suzuki mengindikasikan dirinya akan tetap bertahan pada 2023.

Video Populer

Foto Populer