Sukses


Hot News! BMW Tertarik Gantikan Suzuki di MotoGP

Bola.com, Jakarta - Ajang MotoGP dibuat gempar beberapa waktu lalu dengan mundurnya tim pabrikan Suzuki pengujung musim 2022.

Gempar lantaran Suzuki berstatus tim yang mulai mapan dan bahkan pada musim 2022, bisa meraih titel juara dunia bersama Joan Mir.

Tentu saja, segera setelah pengumuman penarikan Suzuki dari ajang MotoGP, muncul pertanyaan apakah Dorna sebagai penyelenggara akan segera mencari tim pengganti atau membiarkan musim 2023 hanya diikuti sebelas tim dan 22 pembalap.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Indikasi Dorna

Pada sebuah kesempatan, CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta memberikan indikasi bahwa dua slot MotoGP milik Suzuki tidak akan diberikan kepada tim independen.

Artinya Dorna berusaha mengganti Suzuki dengan tim pabrikan lainnya. "Kami menerima banyak pertanyaan segera setelah berita itu," kata Ezpeleta.

"Baik itu tim pabrikan maupun independen," lanjutnya. Masalahnya pabrikan mana yang berminat masuk ke MotoGP untuk menggantikan Suzuki? 

3 dari 5 halaman

Kawasaki Tidak berminat

Sebenarnya ada hasrat besar melihat Kawasaki comeback ke MotoGP, khususnya setelah musim yang sangat sukses pada ajang World Superbike.

Namun Kawasaki sudah berulang kali mengatakan enggan masuk ke MotoGP dan pilih fokus World Superbike. Mereka menganggap World Superbike lebih mewakili DNA merek motor mereka.

4 dari 5 halaman

Opsi BMW

Nah menurut situs Speedweek, ada kemungkinan BMW akan menggantikan Suzuki sebagai tim pabrikan di MotoGP 2022.

BMW sebenarnya tak punya rekam jejak baik saat mentas di World Superbike. Namun pada tahun 2022, peringatan 50 tahun BMW M GmbH akan dirayakan, di mana M adalah singkatan dari motorsport.

BMW M GmbH merupakan departemen balap yang bertanggung jawab menyediakan mobil resmi untuk MotoGP sejak 1999. Ini adalah sinyal kuat, BMW mulai berpikir untuk turun ke ajang MotoGP sebagai tim.

5 dari 5 halaman

Komentar Ezpeleta

Ezpeleta pun membenarkan bahwa ada pabrikan besar yang akan segera turun di ajang MotoGP.

"Jawabannya adalah ya. Tentu saja saya tidak bisa menyebutkan mereknya," kata Ezpeleta.

"Tetapi jika ada pabrikan menunjukkan minat pada Kejuaraan Dunia MotoGP dan memutuskan untuk berpartisipasi dan berinvestasi dalam jangka panjang, kami selalu terbuka untuk berdiskusi," tambahnya.

Sumber: Speedweek

Video Populer

Foto Populer