Sukses


MotoGP: Alex Marquez Resmi Gabung Gresini Racing pada 2023, Berduet dengan Fabio Di Giannantonio

Bola.com, Jakarta - Alex Marquez resmi bergabung ke Gresini Racing untuk MotoGP 2023, Minggu (26/6/2022). Dia akan berduet dengan Fabio Di Giannantonio. 

Gresini Racing mengumumkan kesepakatan itu beberapa jam sebelum balapan Seri Belanda di Sirkuit Assen.

Kedatangan Marquez ini sekaligus mengonfirmasi kepergiannya dari LCR Honda Castrol, yang sudah ia bela selama dua tahun belakangan. Sebelum membela LCR, adik Marc Marquez ini sempat membela Repsol Honda.

Sebelum bergabung dengan Honda, 'El Pistolas' juga sempat dilirik oleh Ducati pada MotoGP 2019. Rider yang juga juara dunia Moto3 2014 dan Moto2 2019 ini akan menggantikan Enea Bastianini di Gresini Racing.

Bastianini saat ini menjadi kandidat pembalap Ducati Lenovo Team. Namun, jika tim pabrikan Ducati itu akhirnya memilih Jorge Martin, maka Bastianini akan jadi pengganti Martin di Prima Pramac Racing.

 

2 dari 4 halaman

Fabio Di Giannantonio Beri Gebrakan

Di lain sisi, Giannantonio juga dinilai layak dapat perpanjangan kontrak. Pembalap yang akrab disapa Diggia yang kerap tampil di papan bawah pada awal musim ini, secara mengejutkan menyabet pole di Seri Mugello, Italia, meski akhirnya finis ke-11.

Progres positif ia lanjutkan di Seri Catalunya, Spanyol, di mana ia start kelima. Ia gagal finis karena kecelakaan, padahal sedang bertarung di 10 besar.

Di Sachsenring, Jerman, rider Italia ini kembali start kelima. Ia sempat sengit melawan Jack Miller dan Maverick Vinales, sebelum melorot dan bertarung dengan Luca Marini, Jorge Martin, dan Brad Binder demi memperebutkan posisi kelima. Sayang, ban kerasnya mengalami kenaikan suhu yang drastis, sehingga ia harus main aman dan finis kedelapan.

Baik Marquez maupun Giannantonio akan sekadar terikat kontrak dengan Gresini Racing, alih-alih langsung terikat dengan Ducati Corse seperti para pembalap Ducati Lenovo Team dan Prima Pramac Racing. Meski begitu, belum diketahui spek motor apa yang akan mereka terima. Berikut pernyataan resmi Marquez dan Giannantonio.

 

3 dari 4 halaman

Pernyataan Resmi Alex Marquez

"Saya sangat senang bisa mengumumkan bahwa saya akan bergabung dengan Team Gresini MotoGP, dan saya juga sangat senang bisa memulai petualangan baru ini," ujar Alex Marquez. 

"Krusial bagi saya untuk mencari perubahan demi mengembalikan tipe motivasi yang sama, yang saya punya ketika saya bergabung dengan kelas ini. Ini adalah opsi terbaik bagi saya, dengan tim yang telah membantu mengukir sejarah kejuaraan ini."

"Saya ingin berterima kasih kepada Nadia (Padovani, CEO), Carlo (Merlini, Direktur Pemasaran), dan seluruh staf GR karena sudah menaruh kepercayaan kepada saya. Saya masih punya setengah musim tersisa untuk berusaha sebaik mungkin sebelum memulai 2023 dengan motivasi tinggi," imbuh Alex Marquez. 

 

4 dari 4 halaman

Komentar Fabio Di Giannantonio

"Saya sangat senang bisa memperpanjang kerja sama dengan tim ini, yang sudah seperti keluarga bagi saya. Rasanya menyenangkan, karena kami akan meneruskan proses belajar ini, dan kami akan melakukannya kembali dengan Ducati," kata Di Giannantonio. 

"Ini bikin saya sangat senang. Kelanjutan adalah kunci di MotoGP demi bekerja sebaik mungkin."

"Kami telah mengusahakan kontrak ini dalam beberapa waktu, dan kini akhirnya kami bisa mengumumkannya. Sudah jelas target kami bakal lebih tinggi: kami akan memakai paruh kedua musim ini untuk memperbaiki hasil dan tahun depan saya ingin benar-benar mengalami kemajuan," imbuhnya. 

Sumber: Gresini Racing

 

Video Populer

Foto Populer