Sukses


Aleix Espargaro Nekat Balapan di MotoGP Austria dalam Keadaan Tumit Retak

Bola.com, Jakarta - Pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro, nekat tetap turun lintasan dalam MotoGP Austria di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, pada 19-21 Agustus 2022 meski diketahui ada keretakan pada tumitnya.

Seperti yang diketahui, Espargaro sempat mengalami kecelakaan hebat dan terlempar keras dari motornya dalam sesi FP4 MotoGP Inggris di Silverstone dua pekan lalu. Pemeriksaan pertama dengan tim medis di sirkuit menyatakan bahwa x-ray tak menunjukkan keretakan tulang apa pun di kedua kakinya.

Dalam balapan itu, Aleix Espargaro pun finis kesembilan. Namun, keesokan harinya, ia menjalani pemeriksaan medis lanjutan di Rumah Sakit Dexeus, Barcelona, dan terbukti mengalami retak tumit kanan. Ia pun harus istirahat sebanyak mungkin dan hanya diizinkan menjalani latihan fisik yang ringan.

2 dari 5 halaman

Yakin Aman

Aleix Espargaro lantas menegaskan kalau kondisi tersebut tak akan jadi masalah besar. Ia malah bertekad memenuhi rasa penasarannya pada GP Austria.

"Edema di kaki kiri sudah hilang, tetapi kaki kanan, yang retak di Silverstone, masih menimbulkan rasa sakit. Namun, saya rasa saya takkan dapat masalah, dan saya bertekad menjalani balapan yang baik."

"Saya penasaran performa RS-GP di Austria, dan target kami tetap melaju cepat di tiap kesempatan," ujarnya via rilis resmi tim, Rabu (17/8/2022).

3 dari 5 halaman

Maverick Vinales Tekad Balas Dendam pada Yamaha

Rasa optimistis juga diusung oleh tandem Espargaro, Maverick Vinales. Bagaimana tidak? Juara dunia Moto3 2013 ini memang tampil baik dalam tiga balapan terakhir. Dalam Seri Jerman, ia sempat berebut podium sebelum gagal finis akibat kerusakan rear ride height device. Dalam Seri Belanda dan Inggris, ia naik podium.

Pembalap Spanyol ini pun bertekad untuk mengulang sukses serupa di Austria. Pasalnya, ia punya punya kenangan buruk di trek ini. Semusim lalu, ia sempat mengalami konflik dengan Yamaha di Seri Styria, dan dijatuhi skors di Seri Austria. Demi menghapus memori kelam itu, ia ingin tampil baik bareng Aprilia kali ini.

"Kami datang usai dua podium beruntun, jadi moral kami jelas positif. Saya banyak belajar dari balapan di Silverstone, dan saya akan menggunakan semua informasi untuk terus berkembang. Spielberg adalah trek yang saya suka dan ini bisa jadi kans tepat untuk membuktikan progres kami selama 12 bulan terakhir," ucap Vinales.

 

4 dari 5 halaman

Aprilia Turunkan 3 Pembalap

Akhir pekan nanti, Aprilia tak hanya menurunkan Espargaro dan Vinales, melainkan juga sang test rider, Lorenzo Savadori. Memiliki jatah enam wildcard musim ini, 'Sava' akan menjalani wildcard yang kelima di Austria. Sayangnya, ia masih dalam pemulihan cedera bahu akibat kecelakaan saat latihan motocross.

"Saya jelas senang kembali ke trek bersama Aleix dan Maverick. Balapan adalah imbalan sempurna atas kerja keras bersama tim tes Aprilia. Pasalnya, membandingkan diri dengan para rider terbaik dunia bakal membantu kami mengumpulkan data untuk pengembangan RS-GP. Apalagi trek ini juga spesial dan menarik," tutupnya.

Saat ini, Espargaro sedang duduk di peringkat kedua pada klasemen pembalap dengan 158 poin, sementara Vinales ada di peringkat kesembilan dengan 82 poin. Savadori pun masih harus mengejar poin perdananya musim ini. Berikut klasemen sementara MotoGP 2022 usai Seri Inggris di Sirkuit Silverstone.

5 dari 5 halaman

Klasemen Sementara MotoGP 2022

  1. Fabio Quartararo - Monster Energy Yamaha MotoGP - Yamaha - 180
  2. Aleix Espargaro - Aprilia Racing - Aprilia - 158
  3. Francesco Bagnaia - Ducati Lenovo Team - Ducati - 131
  4. Enea Bastianini - Gresini Racing MotoGP - Ducati - 118
  5. Johann Zarco - Prima Pramac Racing - Ducati - 114
  6. Jack Miller - Ducati Lenovo Team - Ducati - 107
  7. Brad Binder - Red Bull KTM Factory Racing - KTM - 98
  8. Alex Rins - Team SUZUKI ECSTAR - Suzuki - 84
  9. Maverick Viñales - Aprilia Racing - Aprilia - 82
  10. Miguel Oliveira - Red Bull KTM Factory Racing - KTM - 81
  11. Jorge Martin - Prima Pramac Racing - Ducati - 81
  12. Joan Mir - Team SUZUKI ECSTAR - Suzuki - 77
  13. Marco Bezzecchi - Mooney VR46 Racing Team - Ducati - 61
  14. Marc Marquez - Repsol Honda Team - Honda - 60
  15. Luca Marini - Mooney VR46 Racing Team - Ducati - 56
  16. Takaaki Nakagami - LCR Honda IDEMITSU - Honda - 45
  17. Pol Espargaro - Repsol Honda Team - Honda - 42
  18. Alex Marquez - LCR Honda CASTROL - Honda - 27
  19. Franco Morbidelli - Monster Energy Yamaha MotoGP - Yamaha - 26
  20. Fabio Di Giannantonio - Gresini Racing MotoGP - Ducati - 18
  21. Darryn Binder - WithU Yamaha RNF MotoGP Team - Yamaha - 10
  22. Andrea Dovizioso - WithU Yamaha RNF MotoGP Team - Yamaha - 10
  23. Remy Gardner - Tech3 KTM Factory Racing - KTM - 9
  24. Raul Fernandez - Tech3 KTM Factory Racing - KTM - 5
  25. Stefan Bradl - Repsol Honda Team - Honda - 0
  26. Michele Pirro - Aruba.it Racing - Ducati - 0
  27. Lorenzo Savadori - Aprilia Racing - Aprilia - 0

Sumber: Aprilia Racing

Disadur dari: Bola.net (Anindhya Danartikanya, published 18/8/2022)

Video Populer

Foto Populer