Sukses


Perkuat Repsol Honda dan Jadi Rekan Setim Marc Marquez, Joan Mir Yakin Bisa Kembali Rasakan Titel Juara Dunia MotoGP

Bola.com, Jakarta - Joan Mir mengaku sangat bangga bisa membela tim MotoGP dengan nama besar seperti Repsol Honda pada MotoGP 2023.

Menurutnya, ini adalah momen manis dalam kariernya, dan ia merasa optimistis bisa menyabet gelar dunia lagi pada masa mendatang, meski sadar bahwa Honda tengah dalam momen kelam.

Juara dunia Moto3 2017 dan MotoGP 2020 ini bergabung dengan Repsol Honda usai Suzuki memutuskan hengkang dari MotoGP pada akhir 2022.

Meski berhasil menghindari potensi vakum dari kompetisi, Joan Mir menghadapi tantangan yang tak mudah. Pasalnya, saat ini RC213V tidak cukup kompetitif.'

Tercatat Dalam tiga musim terakhir, Honda hanya meraih 8 podium dan 3 kemenangan. Pada 2022, Honda puasa kemenangan dan hanya dua kali naik podium, lewat Pol Espargaro dan Marc Marquez.

Namun, usai menjalani tes di Valencia pada November 2022, Mir merasa bisa menyanggupi tantangan ini.

2 dari 4 halaman

Semua Rider Pasti Bermimpi Bela Repsol Honda

Meski RC213V tidak garang, Joan Mir mengakui kans membela Repsol Honda adalah kehormatan tersendiri bagi pembalap.

"Perasaan saya ketika bergabung dengan tim seperti ini sungguh sulit dipercaya. Saya rasa setiap rider pasti membayangkan dirinya mengenakan warna-warna ini," ujarnya.

"Alhasil, menjadi bagian dari tim ini bikin saya sangat bangga karena tiba pada momen manis dalam karier saya. Saya rasa saya berada dalam momen manis, dan saya juga masih muda untuk mengulang apa yang saya lakukan pada masa lalu. Jadi, kita lihat saja apa yang bisa kami lakukan," lanjutnya.

.

3 dari 4 halaman

Ekspektasi Tinggi

Meski begitu, Joan Mir tahu betul bahwa membela Repsol Honda mengartikan ekspektasi tinggi.

Karena tim ini telah melahirkan banyak bintang MotoGP dan dibela oleh rider-rider pilihan. Ia pun bertekad untuk membantu Honda bangkit dari keterpurukan meski beban yang dipikul jauh lebih besar.

"Jadi bagian dari tim ini berarti lebih banyak tekanan, karena hanya kemenangan yang dianggap sebagai hasil baik. Kami tahu kami dalam momen sulit, tetapi pendekatan saya pada balapan harus tetap sama: mencoba melaju secepat mungkin demi membawa tim kami ke tempat yang selayaknya," tutupnya.

4 dari 4 halaman

Tidak Ada Pembalap Honda Menang Selain Marc Marquez

Sejak Dani Pedrosa memenangi MotoGP Valencia 2017, belum ada pembalap Repsol Honda selain Marc Marquez yang mampu menang.

Selain itu, juga belum ada rider Honda selain Marc Marquez yang meraih kemenangan sejak Cal Crutchlow menguasai MotoGP Argentina 2018 bersama LCR Honda.

Mir pun diharapkan bisa mematahkan tren buruk ini, mengingat Jorge Lorenzo, Alex Marquez, dan Pol Espargaro kompak gagal meraih kemenangan bersama Repsol Honda. Berikut statistik prestasi Joan Mir selama berkarier di Grand Prix.

Sumber: Honda Racing Corporation

Disadur dari: Bola.net (Anindhya Danartikanya, Published 07/01/2023)

Video Populer

Foto Populer