Sukses


Jumlah Race MotoGP 2023 Bertambah, Pembalap Tuntut Nominal Bonus Juga Meningkat atau Ogah Balapan!

Bola.com, Jakarta - Regulasi sprint races mulai MotoGP 2023 membuat jumlah balapan yang harus diikuti tim dan pembalap bertambah dua kali lipat ketimbang sebelumnya.

MotoGP 2023 sendiri berjalan 21 seri. Dengan sprint races yang akan berlangsung setiap Sabtu, maka pembalap bakal mengikuti total 42 balapan musim ini!

Memang sprint races hanya menyajikan setengah jumlah lap dari balapan hari Minggu. Cotohnya jika balapan hari Minggu berjalan 24 lap, maka sprint races hari Sabtu hanya berlangsung 12 lap.

Oleh karena itulah, karena hanya menempuh setengah jarak dari balapan hari Minggu, pembalap yang finis saat sprint races juga mendapat poin setengah dari balapan sebenarnya.

Regulasi menuliskan hanya sembilan pembalap pertama saat sprint races mendapat poin dengan komposisi: 12–9–7–6–5–4–3–2–1.

2 dari 3 halaman

Soal Bonus

Mengutip situs Crash.net, penambahan jumlah balapan hampir dua kali lipat di MotoGP 2023, ternyata membuat pembalap berteriak, khususnya soal bonus.

Ya dalam klausul kontrak saat ini memang belum ada tertulis jumlah bonus karena penampilan di sprint races.

Manajer Enea Bastianini, Carlo Pernat mengancam agar tim-tim membuat update kontrak pembalap mengenai bonus lantaran keberadaan sprint races.

"Untuk sekarang memang belum ada tertulis bonus untuk balapan sprint races dan jika mereka tidak memberikan bonus kepada pembalap kami, maka saya tidak berpikir, kami akan balapan," ancam Pernat.

3 dari 3 halaman

Kesepakatan

Pernat turut menyebut sudah membuat kesepakatan dengan manajer beberapa pembalap lain untuk memperjuangkan bonus tambahan di MotoGP 2023. Karena effort pembalap memang bertambah lantaran harus tampil di sprint races.

Menurut Pernat, idealnya bonus sprint races nominalnya setengah dari bonus yang didapat pembalap pada balapan hari Minggu.

"Kami sudah sepakat dengan Albert Valera (manajer Aleix Espargaro dan Jorge Martin) dan dengan Giovanni Balestra (manajer Maverick Vinales) soal bonus ini," kata Pernat.

"Sprint races menyediakan setengah poin dari balapan normal, maka kami ingin setengah bonus. Maka harus ada update kontrak soal bonus ini," lanjutnya.

Sama-sama kita tunggu, apakah urusan bonus ini bakal beres sebelum MotoGP 2023 dimulai. 

Video Populer

Foto Populer