Sukses


Joan Mir Comeback Bersama Repsol Honda di MotoGP Austin 2023, Marc Marquez Digantikan Stefan Bradl

Bola.com, Jakarta - Pembalap Repsol Honda, Joan Mir bakal kembali tampil dalam MotoGP Austin 2023 di Circuit of The Americas (COTA), Texas, Amerika Serikat, 14-17 April 2023.

Kabar ini sungguh sebuah kelegaan bagi para fans Repsol Honda, sebab skuad ini tak menurunkan satu pun rider dalam main race MotoGP Argentina.

Seperti diketahui, Marc Marquez yang didera cedera tulang ibu jari kanan akibat menabrak Miguel Oliveira di MotoGP Portugal, harus absen sepenuhnya di Argentina. Menjelang Seri Austin, yang juga pekan balap favoritnya, sang delapan kali juara dunia ini juga harus absen karena tangannya belum pulih.

Joan Mir mengalami kecelakaan hebat dalam sprint race Seri Argentina, yang membuatnya mengalami gegar otak ringan. Ia pun dinyatakan tidak bugar untuk berpartisipasi dalam main race, membuat Repsol Honda tanpa rider. Meski begitu, Mir kini sudah pulih dan siap berlaga di COTA akhir pekan nanti.

2 dari 3 halaman

Telah Pulih

"Saya siap kembali naik motor di Amerika, saya sudah bisa menghabiskan pekan ini di rumah agar sepenuhnya pulih usai terjatuh pada Sabtu (di Argentina) dan kembali berlatih," ungkap Mir, yang juga juara dunia Moto3 2017 dan MotoGP 2020 ini, dalam rilis resmi Honda Racing Corporation pada Rabu (12/4/2023).

Pada era modern MotoGP yang mulai digelar pada 2002, Repsol Honda diketahui telah meraih 19 kemenangan di Amerika Serikat, yang tujuh di antaranya diraih di COTA bersama Marquez. Statistik ini pun melecut motivasi Mir untuk tampil baik, apalagi ia berhasil finis keempat bersama Suzuki Ecstar pada 2022 lalu.

"Tahun lalu saya menjalani balapan yang kuat di Austin, dan Honda juga punya rekor yang kuat di sana, jadi target saya adalah menjalani akhir pekan dengan konsisten dan menghindari masalah. Jika kami bisa menyelesaikan balapan, saya rasa kami bisa banyak belajar dan mendapatkan kemajuan," lanjutnya.

3 dari 3 halaman

Butuh Marc Marquez

Sementara Marquez dipastikan absen lagi di Austin, Repsol Honda mengumumkan bahwa test rider HRC, Stefan Bradl, akan kembali menjadi penggantinya. Akhir pekan ini takkan mudah bagi Bradl, karena ia baru saja menyelesaikan tes tertutup di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada 10-11 April 2023.

"Pertama, saya ingin mendoakan Marc yang terbaik untuk pemulihannya. Honda membutuhkannya kembali ke trek. Saya pun tiba di Austin setelah beberapa hari menjalani tes di Jerez, di mana kami menjajal beberapa perangkat pada motor kami," ujar juara dunia Moto2 2011 asal Jerman ini.

"Bakal menarik berkendara di COTA lagi. Saya terakhir kali balapan di sana pada 2016, dan kini saya akan menjajal RC213V 2023 di trek yang sangat berbeda dibanding yang selama ini saya kunjungi tahun ini. Mari menjalani akhir pekan yang produktif dan melihat hasil apa yang memungkinkan," tutup Bradl.

Sumber: Honda Racing Corporation

Disadur dari: Bola.net (Anindhya Danartikanya, published: 12/4/2023)

Video Populer

Foto Populer