Sukses


Kejutan Jelang MotoGP Catalunya, Aleix Espargaro Umumkan Pensiun pada Akhir Musim

Bola.com, Barcelona - Kejutan besar terjadi jelang MotoGP Catalunya pada akhir pekan ini. Pembalap andalan Aprilia Racing Team, Aleix Espargaro, memutuskan untuk pensiun setelah MotoGP 2024 berakhir.

Aleix masih menyisakan satu tahun kontraknya bersama Aprilia. Pembalap berusia 34 tahun itu pun akhirnya memutuskan untuk tak menambah durasi kerjanya, dan mengumumkan pensiun pada Kamis (23/5/2024).

"Saya dengan senang hati mengumumkan pengunduran diri saya sebagai pembalap penuh waktu. Ini merupakan 20 tahun yang luar biasa di paddock ini dan saya sangat senang dan bangga dengan apa yang telah kami raih bersama dengan Aprilia," ujar Aleix Espargaro.

"Kami telah membuat sejarah dan itu tidak akan pernah terlupakan. Saya bersenang-senang dan kami telah menciptakan kelompok yang luar biasa."

"Kami memiliki akhir pekan yang sangat menyenangkan di depan kami, di trek yang saya sukai dan di mana saya cepat, dan masih ada banyak balapan tersisa sampai Valencia untuk menjadi kompetitif," kata Aleix Espargaro.

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Debut pada 2009

Aleix Espargaro mengawali debutnya sebagai pembalap MotoGP pada 2009 di seri Indianapolis, menggantikan posisi Mika Kallio di Pramac Racing. Pada balapan perdananya, Aleix berhasil meraih poin karena finis di peringkat ke-13.

Selain Indianapolis, dia juga tampil di balapan San Marino, Malaysia, serta Valencia. Pria asal Spanyol itu pun menyudahi MotoGP 2009 di peringkat 18 klasemen akhir pembalap dengan nilai 16.

"Dua atau tiga musim terakhir sungguh luar biasa. Saya bermimpi, saya ingin pensiun sebagai pembalap penuh waktu dengan perasaan yang baik," kata Aleix Espargaro.

"Ini bukan minggu yang mudah. Saya merasa seperti melompat ke ruang yang sangat aneh. Namun saya bahagia. Semoga pembalap lain, bisa mengizinkan saya menang akhir pekan ini sebagai hadiah," guraunya.

 

3 dari 4 halaman

3 Kali Podium Juara

Selama hampir 15 musim berlaga di MotoGP, Aleix Espargaro belum pernah sekalipun meraih gelar juara dunia. Dia lebih sering berkutat di papan tengah klasemen pembalap, karena sulit bersaing meraih podium.

Perjalanan kariernya pun mulai berubah ketika pindah ke Aprilia pada 2017. Perlahan, penampilan Aleix mengalami peningkatan, terutama dalam tiga musim terakhir.

Bersama Aprilia, dia berhasil tiga kali meraih podium juara di MotoGP serta tujuh kali finis di urutan ketiga balapan. Bagi Aleix Espargaro, tiga kali finis terdepan adalah pencapaian terbaiknya di MotoGP.

4 dari 4 halaman

Impresif di MotoGP Catalunya

MotoGP musim ini telah memasuki seri Catalunya yang berlangsung di Circuit de Barcelona-Catalunya, Spanyol, 24 hingga 26 Mei 2024. Melakoni balapan di negara sendiri, Aleix Espargaro memiliki catatan impresif.

Pada MotoGP Catalunya musim lalu, dia sukses finis terdepan pada sprint race dan juga main race. Andai kembali mengulangi pencapaian MotoGP Catalunya 2023, itu bakal menjadi catatan spesial bagi Aleix.

Sebab, dia belum sekalipun finis terdepan dalam lima seri yang sudah berlangsung pada tahun ini. Pencapaian terbaiknya pada MotoGP 2024 adalah finis di urutan ketiga sprint race MotoGP Qatar.

Sumber: Motorsport, Crash

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer