Sukses


Diejek karena Gemuk, Perenang Ethiopia Pensiun dari Olimpiade

Bola.com, Rio de Janeiro - Atlet renang asal Ethiopia, Robel Habte, yang bertanding pada nomor 100 meter putra Olimpiade Rio de Janeiro 2016 memutuskan pensiun dari Olimpiade setelah berat badannya menjadi bahan olok-olok di dunia maya. Para netizen menyebut Habte dengan sebutan "Robert The Whale"atau Robert Si Paus.

Seperti dikutip Daily Mail, Robel mengaku bobot badannya naik karena baru saja mengalami kecelakaan dan harus menjalani proses pemulihan. Hal itu membuatnya naik 40 kilogram hanya dalam waktu dua bulan. 

Robel mengatakan dirinya sudah berusaha untuk mengurangi berat badannya jelang Olimpiade 2016. Namun, upayanya tersebut tak berpengaruh banyak karena berat badannya masih terbilang melebihi kata ideal, yaitu 82 kg

"Berat badan saya naik hingga 120 kg dan itu sangat berat. Sekarang berat badan saya sekitar 82 kg dan itu sudah lebih baik namun masih lebih banyak," ujar Robel, Jumat (12/8/2016). 

 

Dengan berat badannya yang tak ideal, Robel tak bisa bicara banyak di Rio. Dia hanya mampu finis di posisi terakhir dengan waktu 1 menit 4,90 detik. Bahkan, dia tertinggal setengah lap dari perenang lainnya pada nomor 100 m gaya bebas.

Seusai lomba, Robel menjadi korban bullying di media sosial Facebook dan Twitter. "Mereka menggunakan bahasa yang kasar, dan memanggil saya macam-macam. Namun saya tidak akan membalas mereka. "ucap Robel

Dia mengaku insiden ini sudah cukup membuatnya untuk tidak lagi berkompetisi pada Olimpiade 2020. Namun, dia tetap akan bersaing di Kejuaraan Dunia Renang untuk membungkam kritikan yang dia terima.

"Ini sangat sulit, saya tak tahu apa yang saya rasakan. Beberapa hal yang orang katakan atau tulis tidak enak buat saya. Saya tahu saya gemuk, tapi itu akan hilang dan ketika saya pergi ke Kanada untuk Kejuaraan Dunia, saya akan memperlihatkannya kepada mereka," tutur Robel. 

Terkait pencapaiannya pada Olimpiade 2016, Robel sebenarnya tak terkejut. "Saya tak terkejut finis terakhir. Itu seperti yang saya prediksi. Ethiopia bukan negara perenang dan saya tak berlatih di kolam renang Olimpiade," katanya. 

 

Video Populer

Foto Populer