Sukses


Piala Eropa 2020 : Frank de Boer Masih Berharap Virgil van Dijk Perkuat Timnas Belanda di Euro 2020 (Euro 2021)

Bola.com, Amsterdam - Pelatih Timnas Belanda, Frank de Boer, berharap Virgil van Dijk bisa tampil di Piala Eropa 2020. Namun, De Boer menyerahkan keputusan akhir kepada Van Dijk agar berupaya keras memulihkan cederanya, demi membela Tim Oranje.

Pemain berusia 29 tahun tersebut mengalami cedera ligamen yang cukup parah. Cedera itu menghantam Virgil van Dijk setelah diterjang kiper Everton, Jordan Pickford, dalam laga lanjutan Premier League, 17 Oktober tahun lalu.

Akibat cedera tersebut, Van Dijk diprediksi harus absen selama enam bulan. Namun nyatanya, proses pemulihan sang pemain lebih lama dari yang diperkirakan sebelumnya.

Bahkan, manajer Liverpool, Jurgen Klopp, pesimistis Virgil van Dijk bisa kembali tampil bersama timnya pada musim ini. Klopp pun ragu Van Dijk bisa membela Timnas Belanda di Piala Eropa 2020 yang dihelat pada tahun ini.

"Saya tidak mau menahannya, tetapi Anda tidak bisa memaksanya juga. Mereka pasti tahu sepak bola, yang mana pemain harus siap betul sebelum berlaga, maksud saya latihan yang jelas," kata Jurgen Klopp pada awal Mei lalu.

"Nah, itu butuh waktu lama (untuk pemulihan), bisa berminggu-minggu, bukan seminggu sebelum kompetisi berjalan. Itu tidak mungkin, tidak akan mungkin."

"Tak ada satupun yang menghalangi Virgil van Dijk. Saya bersumpah. Kita di sini bicara karier seseorang, jadi tak ada satupun yang bisa memaksanya," kata Klopp lagi.

 

2 dari 3 halaman

Menyerahkan kepada Virgil van Dijk

Frank de Boer masih berharap Virgil van Dijk bisa tampil bersama Timnas Belanda di Piala Eropa 2020. Namun, De Boer menyerahkan keputusan akhir kepada Van Dijk terkait keikutsertaannya di turnamen antarnegara Eropa tersebut.

"Saya menilai dia harus memutuskan, ini adalah kariernya," ucap De Boer.

"Saya bisa membayangkan dia saat ini sedang dilema. Bisakah itu berarti sesuatu untuk Oranje? Saya harap dia telah membuat langkah besar dalam rehabilitasi cederanya," lanjutnya.

Pada ajang Piala Eropa 2020, Timnas Belanda tergabung di Grup C bersama Ukraina, Austria, dan Makedonia Utara. Dalam pertandingan perdana, Belanda akan berhadapan dengan Ukraina di Johan Cruyff Arena, 13 Juni mendatang.

Sumber: ESPN

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer