VIDEO: Timnas Spanyol Lolos ke Perempat Final Euro 2020 Usai Menang Dramatis atas Kroasia 5-3

VIDEO: Timnas Spanyol Lolos ke Perempat Final Euro 2020 Usai Menang Dramatis atas Kroasia 5-3

Timnas Spanyol harus berjuang ekstra untuk menundukkan Kroasia di babak 16 besar Euro 2020, Parken Stadium, Copenhagen, Senin (28/6/2021). Ada pesta 8 gol, Spanyol menang dengan skor 5-3.

Lima gol Timnas Spanyol tercipta melalui Pablo Sarabia, Cesar Azpilicueta, Ferran Torres, Alvaro Morata, dan Mikel Oyarzabal. Tiga gol Kroasia berasal dari bunuh diri Pedri, Mislav Osnic, dan Mario Pasalic.

Pertandingan ini harus dirampungkan dengan perpanjangan waktu. Hingga waktu normal berakhir, skor imbang 3-3.

Ketika Spanyol tampak akan menutup laga dengan mudah, Kroasia berhasil mencuri satu dua gol balasan melalui Mislav Orsic (85') dan Mario Pasalic (90+2') untuk memaksakan laga ke extra time.

Babak tambahan berlangsung sengit. Spanyol kembali unggul dua gol lewat aksi Alvaro Morata (100') dan Mikel Oyarzabal (103'). Kroasia mencoba melawan balik, tapi Spanyol bertahan dengan baik.

Di babak perempat final, Spanyol masih menunggu lawan. Mereka akan bertemu pemenang duel Prancis kontra Swiss.

Spanyol mendominasi penguasaan bola sejak pertandingan dimulai. 10 menit pertama jadi milik Spanyol, Kroasia tidak banyak mendapatkan kesempatan membawa bola.

Sayang, Spanyol harus kehilangan poin ketika Pedri mencetak gol bunuh diri pada menit ke-20. Pedri bermaksud mengirim back-pass ke Unai Simon, tapi bola terlalu kencang dan Simon tampak hilang konsentrasi. Bola mengalir deras ke gawang Spanyol.

Gol bunuh diri jelas mengubah keseimbangan pertandingan. Kroasia tampil lebih berani, Spanyol tampak sedikit kehilangan ketenangan.

Spanyol baru bisa membalasnya pada menit ke-38. Memanfaatkan bola rebound dari tendangan Jose Gaya yang berawal dari kemelut di depan gawang Kroasia, Pablo Sarabia berhasil membobol gawang Kroasia.

Skor imbang 1-1 Timnas Spanyol versus Kroasia tidak berubah hingga turun minum.

Babak kedua di dominasi oleh Spanyol, mereka langsung berhasil membalikkan kedudukan pada menit ke-57. Umpan lambung Torres dari sisi kiri sempurna mengarah ke tiang jauh. Azpilicueta mendapatkan momentum untuk menyundul bola dari jarak dekat. Spanyol unggul 2-1.

Spanyol kembali menambah gol pada menit ke-76. Memanfaatkan umpan jauh, Torres yang berdiri di sisi kanan lapangan menusuk ke kotak penalti dan memperdaya kiper Kroasia, Dominik Livakovic.

Pada menit ke-85, Kroasia mencetak gol balasan. Gol ini berawal dari kemelut di depan gawang Spanyol, yang berhasil dimanfaatkan Mislav Orsic. Dengan tendangan jarak dekat, ia membobol gawang Unai Simon.

Namun, kemenangan Spanyol yang sudah di depan mata buyar pada menit ke-90+2. Mario Pasalic berhasil menyamakan skor dengan sundulan.

Skor tetap 3-3 hingga babak kedua berakhir. Pertandingan berlanjut ke babak perpanjangan waktu.

Pada babak perpanjangan waktu, Spanyol tampak bermain lebih agresif. Menit ke-100, Morata membawa Spanyol kembalil unggul. Umpan lambung Olmo dari sisi kanan sempurna, Morata lolos dari penjagaan, mengontrol bola, dan menembak keras ke langi-langit gawang Kroasia. Skor 4-3 untuk Spanyol.

Menit ke-103, operan Olmo dari sayap kanan begitu sempurna. Oyarzabal menuntaskan larinya, mengontrol bola di dalam kotak penanlti, dan melepas tembakan dari sudut sempit.

Kedudukan 5-3 berakhir hingga pertandingan usai. Kemenangan dramatis ini membuat Timnas Spanyol melaju ke babak perempat final Euro 2020 usai kalahka Kroasia.

Ringkasan

Oleh Pradipta Rama Baskara pada 29 June 2021, 04:09 WIB

Video Terkait

Spotlights