VIDEO: Timnas Italia Juara Euro 2020 Usai Menang Dramatis Melawan Inggris

VIDEO: Timnas Italia Juara Euro 2020 Usai Menang Dramatis Melawan Inggris

Timnas Italia berhasil kalahkan Inggris dengan drama adu penalti di final Euro 2020. Pertandingan yang berlangsung pada, Senin (12/5/2021) berakhir imbang 1-1 pada waktu normal.

Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate membuat kejutan dengan menurunkan formasi 3-4-3 dan meninggalkan pakem 4-3-3. Kieran Trippier pun dipercaya turun sejak menit pertama dan membuat Bukayo Saka berada di bangku cadangan.

Sementara Timnas Italia menurunkan starter yang persis sama seperti ketika mereka mengalahkan Spanyol pada semifinal Euro 2020.

Inggris berhasil membuat kejutan terlebih dahulu, lewat gol Luke Shaw pada menit ke-2 Inggris berhasil unggul 1-0 atas Italia.

Setelah tertinggal satu gol, Timnas Italia langsung mendominasi permainan di babak pertama. Sayang, beberapa peluang masih belum berhasil menembus pertahanan dari Harry Maguire, skor 1-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Timnas Italia masih bermain menekan. Kali ini mereka mendapat beberapa peluang untuk mencetak gol.

Seperti menit ke-61 saat aksi individu Federico Chiesa di dalam kotak penalti dan kemudian sang pemain melepaskan tendangan. Sayang Jordan Pickford masih mampu menepisnya.

Usaha dari skuat Roberto Mancini baru berhasil pada menit ke-67. Leonardo Bonucci berhasil memanfaatkan bola liar di tengah kotak penalti. Timnas Italia berhasil menyamakan kedudukan 1-1 atas Inggris.

Sayangnya, hasil imbang ini bertahan hingga babak kedua usai. Pertandingan dilanjutkan kebabak perpanjangan waktu.

Pada babak perpanjangan waktu, Timnas Italia menambah daya serang dengan memasukan Andrea Belotti. Namun, hingga babak perpanjangan waktu usai, kedua tim masih bermain imbang hingga berlanjut ke babak adu penalti.

Pada babak adu penalti kali ini, Timnas Italia berhasil mencetak 3 gol ke gawang Inggris, sementara Marcus Rashford, Jadon Sancho, dan Bukayo Saka gagal mengeksekusi tendanngan.

Dengan hasil ini, Timnas Italia berhasil menjadi juara Euro 2020 usai kalahkan Inggris lewat adu penalti.

Ringkasan

Oleh Pradipta Rama Baskara pada 12 July 2021, 05:27 WIB

Video Terkait

Spotlights