Sukses


Serial Terakhir Cristiano Ronaldo Vs Lionel Messi: Menari di Panggung Piala Eropa dan Copa America

Bola.com, Jakarta - Dua superstar dunia, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, kembali beraksi membela timnasnya masing-masing. Ronaldo tampil bersama Portugal di Euro 2024 yang tengah berlangsung di Jerman. Portugal, yang berada di Grup F, akan memulai pertandingannya melawan Republik Ceko pada Rabu (18/6) dini hari WIB.

Sementara, Messi, membela Argentina di pentas Copa America. Argentina yang merupakan pengoleksi gelar terbanyak (15) sekaligus juara bertahan, akan memulai perjuangannya pada Jumat (20/6).

Menarik untuk menanti, apakah kedua monster ini kembali bisa membawa negaranya ke singgasana juara. Ronaldo terakhir kali memenangkan Euro pada 2016 dan beberapa tahun kemudian dia juga ikut menggondol gelar UEFA Nations League 2018/2019.

Setelah itu, praktis tak ada gelar yang dipersembahkan veteran 39 tersebut kepada negaranya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Apakah Ronaldo Sudah Habis?

Di Piala Eropa kali ini pun, belum bisa dipastikan apakah mantan pemain Manchester United bakal langganan starting XI. Pelatih Roberto Martinez sepertinya masih lebih mengandalkan penyerang-penyerang yang lebih muda macam Rafael Leão (AC Milan), João Félix (Barcelona), dan Diogo Jota (Liverpool).

Apakah itu berarti kalau Cristiano Ronaldo sudah habis? Tentu saja tidak. Biar bagaina pun, Ronaldo masih menjadi penyerang terbaik yang dimiliki Portugal sejauh ini. Ia masih terdepan dalam koleksi gol dalam sejarah Selecao Das Quinas dengan torehan 130 lesakan dalam 207 laga.

Di level klub, Ronaldo tak kalah moncer, baik ketika berkostum Manchester United, Juventus, Real Madrid, dan kini Al-Nassr. Bersama Al-Nassr, klub yang dibelanya sejak Januari 2023, Ronaldo sukses mengepak 44 gol dan 12 assist.

Dengan tambahan lima Ballon d'Or serta segudang trofi lainnya membuat Ronaldo sosok yang sangat istimewa.

 

3 dari 3 halaman

Messi Tak Kalah Mengilap

Bagaimana dengan Messi? Ditilik dari pencapaian bersama timnas, La Pulga masih jauh lebih mengilap dari Ronaldo.

Selain Copa America 2021, Messi juga memimpin Argentina memenangkan Piala Dunia 2022 di Qatar. Pencapaian yang sangat spektakuler, mengingat Messi akhirnya bisa menyamai pahatan dua kapten Tim Tangga sebelumnya di ajang balbalan terakbar yakni Daniel Passarella (1978) dan Diego Maradona (1986).

Di Copa America ini, Messi juga masih menjadi pemain kunci Lionel Scaloni, sang pelatih. Artinya, posisi Messi di starting XI tak akan tergeser dan ban kapten juga masih akan melilit di lengannya.

Sukses Messi memenangkan Piala Dunia 2022 mengantarkan penyerang 36 tahun itu kembali memenangkan Ballon d'Or 2023. Total, Messi telah mengantongi delapan Ballon d'Or yang membuatnya menjadi manusia paling berbahagia di muka bumi.

Seperti Ronaldo, Messi juga pernah bergelimang trofi saat masih memperkuat Barcelona sebelum memutuskan hengkang ke Paris Saint-Germain pada 2021 dan selanjutnya ke Inter Miami, AS.

Bersama Blaugrana, Messi mengukuhkan tim yang bermarkas di Camp Nou menjadi tim yang sangat kuat di La Liga maupun zona Eropa.

Hanya saja, dari jumlah gol untuk timnas, Messi masih jauh di bawah Ronaldo. Sejauh ini, Messi baru mengepul 107 gol. Di Inter Miami, Messi juga masih mengemas 25 gol sejak memperkuat klub itu pada Juli 2023. Jadi, Messi harus kerja ekstra lagi agar bisa melewati jumlah gol Ronaldo.

Jadi, bagaimana? Kalian menjagokan siapa di panggung Internasional terakhir mereka ini? Ronaldo atau Messi?

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer