Sukses


4 Fakta Menarik soal Portugal Jelang Pertandingan Melawan Rep Ceska di Euro 2024: Selecao das Quinas Dominan Banget

Bola.com, Jakarta - Portugal memulai kiprah di Euro 2024 dengan menghadapi Republik Ceska pada matchday pertama Grup F Piala Eropa 2024 di Leipzig Stadium, Rabu (19/6/2024) dini hari WIB. Laga ini diprediksi berlangsung sengit karena kedua tim sama kuat dan punya sejarah cukup panjang.

Portugal adalah tim yang berhasil lolos ke putaran final Euro 2024 dengan catatan sempurna di Grup J Kualifikasi Euro 2024, meraih 10 kemenangan dari 10 laga. Cristiano Ronaldo dkk. itu berhasil menjadi yang paling produktif dan minim kebobolan, dengan catatan 36 gol dan hanya 2 kali kebobolan.

Namun, catatan sempurna di fase kualifikasi itu ternoda saat Portugal menjalani lima laga uji coba jelang Euro 2024. Meski meraih tiga kemenangan, Portugal juga harus menelan dua kekalahan, masing-masing 0-2 dari Slovenia dan 1-2 dari Kroasia.

Jadi Portugal memang dilarang untuk jemawa menghadapi Rep Ceska. Tim yang satu ini memang tidak memiliki catatan apik seperti Portugal di fase kualifikasi. Namun, Rep. Ceska mampu berkembang menjadi lebih baik jelang tampil di Euro 2024.

Setelah menutup Kualifikasi Euro 2024 dengan kemenangan 3-0 atas Moldova, Rep Ceska meraih empat kemenangan dalam laga uji coba internasional, masing-masing 2-1 atas Norwegia, 2-1 atas Armenia, 7-1 atas Malta, dan 2-1 atas Makedonia.

Meski lawan yang dihadapi Rep. Ceska dalam empat laga uji coba terakhir jelang Euro 2024 tergolong tidak terlalu kuat, tetapi Portugal tetap tak boleh meremehkan tim lawan yang harus dihadapi pada laga pertama di Grup F Euro 2024.

Sebelum melihat pertarungan kedua tim, tidak ada salahnya melihat beberapa fakta menarik dari Timnas Portugal menjelang laga kontra Rep Ceska berikut ini.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Head to head

Portugal dan Republik Ceska sudah empat kali bertemu dalam pertandingan resmi sepanjang sejarahnya. Hasilnya, Selecao das Quinas sangat dominan atas lawannya.

Portugal mengemas empat kemenangan dalam empat kali pertemuan. Artinya, Portugal selalu meraih kemenangan setiap bertemu Ceska.

Diawali pada Euro 2008, Portugal menang 3-1, kemudian Euro 2012 Portugal kembali menang 1-0. Serta dua kali perjumpaan di ajang UEFA Nations League 2022, dengan skor 2-0 dan 4-0.

3 dari 5 halaman

Rekor Bang Dodo

Melansir data dari Transfermarkt, Ronaldo sudah bermain sebanyak 207 kali untuk Timnas Portugal. Dari jumlah itu, ia mencetak 230 gol dan 46 assist.

Pencapaian itu membuat Ronaldo menjadi pencetak gol terbanyak bersama negara. Bang Dodo melewati rekor Ali Daei dari Iran pada tahun 2021.

4 dari 5 halaman

Tren Angin-Anginan Portugal

Timnas Portugal menyambut start awal di Euro 2024 dengan hasil inkonsisten. Pasukan Roberto Martinez mendapat hasil yang angin-anginan.

Portugal meraih tiga kemenangan dan dua kekalahan dalam lima pertandingan terakhirnya sebelum terbang ke Jerman memghadapi Ceska dini hari nanti.

Bernardo Silva dkk. menang atas Swedia, Finlandia, dan Irlandia. Tapi Portugal kalah dari Slovenia dan Kroasia.

5 dari 5 halaman

Sama-sama Pernah Juara Piala Eropa

Portugal dan Republik Ceska sama-sama pernah menjadi juara Piala Eropa. Kedua tim sama-sama sekali juara.

Republik Ceska pernah menjadi juara Piala Eropa edisi 1976 di Yugoslavia. Kala itu mereka masih bernama Cekoslowakia.

Sementara Portugal baru saja menjadi juara Piala Eropa edisi 2016 di Prancis. Portugal menang tipis 1-0 atas Prancis di final.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer