Sukses


Dortmund Dipenuhi Suporter Belanda: Fan Zone Euro 2024 di Friedensplatz Ditutup, De Oranje Berujung Tersingkir

Bola.com, Dortmund - Niat hati menonton pertandingan semifinal Euro 2024 antara Belanda kontra Inggris di fan zone Friedensplatz, Rabu (10/7/2024), pupus. Membludaknya fans Belanda di area ini membuat fan zone tidak cukup menampung semua yang datang untuk nonton bareng.

Ya, situasi itu menggambarkan kondisi menjelang pertandingan antara Inggris kontra Belanda pada semifinal Euro 2024 di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund. Belanda harus mengakui kekalahan 1-2 dari Inggris dan gagal melaju ke final.

Ada cerita menarik ketika Bola.com tiba di Stasiun Besar Dortmund, suporter Belanda sudah membludak di pelataran Friedensplatz. Kemudian bersama-sama mereka berjalan bersama menuju fan zone.

Berjalan bersama sekitar lebih dari 1 kilometer, hingga sampai di depan fan zone, ternyata sudah penuh.akhirnya hujan turun dan suporter yang belum berhasil masuk ke dalam fan zone pun membubarkan diri mencari tempat untuk berteduh.

Ketika hujan sudah reda, apa daya fan zone tetap ditutup karena sudah mencapai kapasitas penuh. Para penggemar Belanda, dan segelintir fans Inggris berusaha mencari jalan lain untuk bisa sampai di pintu fan zone lainnya. Namun, tetap tidak membuahkan hasil.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Penjagaan Diperketat

Dua jam sebelum kick-off pertandingan antara Belanda kontra Inggris, Bola.com berusaha untuk kembali mendekat ke fan zone Friedensplatz. Namun, ternyata penjagaannya sudah lebih ketat dengan adanya polisi yang menjaga di pagar pembatas sekitar 100 meter sebelum pintu masuk fan zone.

Fans Belanda pun masih banyak yang berada di luar dan ingin bisa sampai di fan zone. Namun apa daya, polisi tidak memberi izin merek untuk masuk.

“Hey, pulang saja ke rumah. Nonton di rumah, kembali lagi ke sini besok,” teriak salah satu petugas kepolisian sembari mengeluarkan kepalanya dari mobil yang digunakannya untuk berjaga.

3 dari 5 halaman

Nonton di Kafe

Setelah putus asa tidak bisa masuk ke dalam fan zone, para suporter Belanda kemudian beralih ke kafe-kafe yang ada di sekitar Friedensplatz, yang kebetulan merupakan area pusat perbelanjaan di Dortmund.

Sebagian dari mereka masuk ke dalam kafe dan sebagian lainnya menonton pertandingan dari teras kafe karena kapasitas yang juga penuh. Kemeriahannya tidak kalah seru dengan saat di fan zone.

Bahkan ketika Xavi Simons mencetak gol yang membawa Belanda unggul pada menit ketujuh, fans yang memenuhi setiap kafe langsung bersorak kegirangan.

4 dari 5 halaman

Belanda Angkat Koper

Belanda harus mengakui kekalahan dari Inggris dalam 90 menit di Westfalen. Laga baru berjalan tujuh menit, pasukan Ronald Koeman sejatinya mampu membuat para pendukung Inggris terdiam. Pemain muda Xavi Simons menjebol gawang Jordan Pickford.

Namun keunggulan Belanda hanya bertahan 11 menit, sebab Inggris berhasil menyamakan kedudukan setelah wasit memberikan hadiah penalti. Harry Kane dilanggar Denzel Dumfries di kotak terlarang.

Harry Kane yang maju sebagai eksekutornya, tanpa ampun menaklukkan Bart Verbugggen. Inggris mengunci kemenangan pada menit ke-90, Ollie Watkins menjebol gawang Belanda memanfaatkan umpan matang Cole Palmer, striker Aston Villa itu melepaskan tembakan mendatar ke tiang jauh tanpa bisa dihalau Verbrugger.

Kedudukan 2-1 untuk keunggulan Inggris bertahan hingga laga usai. Inggris akan menantang Spanyol di laga final Euro 2024 di Stadion Olimpiade Berlin, Senin (15/7/2024) dini hari WIB.

5 dari 5 halaman

Liputan Bola.com Langsung dari Jerman

Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

<p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer